RADARDEPOK.COM – Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan pilar ke tiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, setelah dharma pendidikan – pengajaran serta dharma penelitian. Program Studi Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) telah sukses melaksanakan PKM dengan bentuk kegiatan “Penyuluhan Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara Dalam Jaringan (Daring) Menggunakan Aplikasi Berbasis Cloud pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Citra Sahabat” yang dilaksanakan pada 3 Agustus 2021.

Kegiatan ini dihadiri 22 peserta (30% kapasitas ruangan) yang terdiri dari guru dan pimpinan SDIT Citra Sahabat dan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan PKM diawali dengan melakukan survey dan diskusi needs assessment Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada 13 Juli 2021 di SDIT Citra Sahabat dengan tujuan agar dosen pelaksana dapat mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dan dapat memberikan solusi yang tepat. Needs assessment dihadiri oleh dosen Pelaksana dan pimpinan SDIT Citra Sahabat Hj. Dewi Quartiningsih, M.Pd. (Kepala Sekolah), Hj. Sri Ruhul Hayati, A.Md. (Wakasek. Bid Administrasi) dan  M Faqieh Akbar (Wakasek Bid Akademik & Kesiswaan).

Berdasarkan hasil needs assessment, terdapat 5 komponen yang harus diperhatikan dalam menjalankan PJJ, yaitu: perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), koneksi internet, sumber daya manusia/SDM (human resource), dan kebijakan institusi pendidikan (sekolah, dinas pendidikan dan pemerintah pusat).

Dari ke 5 komponen tersebut, komponen perangkat lunak dan sumber daya manusia masih menemui beberapa kendala dan berpotensi dapat diberikan solusi melalui kegiatan PKM ini. Permasalahan yang dihadapi dari komponen-komponen ini adalah: masih ada guru yang belum cukup menguasai penggunaan perangkat lunak PJJ, penggunaan perangkat lunak masih belum optimal (hanya menggunakan zoom & google classroom), dan belum maksimalnya penggunaan fitur-fitur yang ada di perangkat lunak yang sudah digunakan. 

Di akhir pertemuan needs assessment, disepakati kegiatan PKM berupa workshop agar guru dapat langsung praktek optimalisasi penggunaan perangkat lunak PJJ sehingga permasalahan-permasalahan dapat diselesaikan.

Saat pelaksanaan workshop, Dr. Nanang Alamsyah, S.T., M.T., selaku dosen pelaksana PKM menjelaskan, tujuan dari PKM kali ini adalah untuk meningkatkan skill para guru dalam penggunaan perangkat lunak, sehingga dapat meningkatkan kualitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dan pada akhirnya meningkatkan efektifitas capaian pembelajaran seluruh siswa. 

“Transfer teknologi, metode dan pengalaman pelaksanaan PJJ juga dilakukan dengan memodifikasi model pembelajaran untuk orang dewasa (di kampus) menjadi model pembelajaran untuk anak-anak (di sekolah),” katanya.

Pelaksanaan workshop diawali dengan pendahuluan yang berisi perkenalan diri dosen pelaksana PKM, penjelasan tentang PKM dan observasi awal dengan pengisian Google Form. Observasi awal bertujuan agar dosen pelaksana mengetahui perangkat lunak apa saja yang biasa digunakan guru, perangkat keras apa saja yang dipakai dan bagaimana guru melakukan koneksi internet.

Kegiatan PKM dilanjutkan dengan workshop sesi 1 penggunaan aplikasi Learning Management System (LSM) Google Classroom. Pada sesi ke 2, dilaksanakan workshop aplikasi Google Meet yang merupakan conference video application buatan Google. Selain itu, di sesi 2 juga dijelaskan beberapa aplikasi dari Google yang bisa digunakan untuk mendukung PJJ.

Respon guru dan pimpinan SDIT Citra Sahabat setelah pelaksanaan PKM ini sangat positif. Hj. Dewi Quartiningsih, M.Pd. selaku Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan PKM ini dan berharap semoga selanjutnya akan ada program-program lanjutan peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan PKM. 

Wakasek Bid Akademik & Kesiswaan, M Faqieh Akbar berharap, kedepannya juga perlu ada sharing dalam menyusunan sistem manajemen kinerja tenaga pengajar, agar kualitas tenaga pengajar menjadi lebih baik lagi. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya