Situ Tujuh Muara Dibersihkan
BEROPERASI : Satu buah alat berat sedang membersihkan gulma yang ada di Situ Tujuh Muara. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Kegiatan normalisasi Situ Tujuh Muara, di Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, mulai digarap Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok.

Satu unit alat berat berupa excavator amvibious sudah diturunkan ke dalam Situ Tujuh Muara pada, Senin (30/8).

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, upaya normalisasi ini dilakukan karena pengajuan dari masyarakat yang resah dengan keberadaan gulma, yang menyerang permukaan situ. Termasuk adanya pendangkalan yang terjadi di sejumlah sisi Situ Tujuh Muara.

Kami sudah turunkan satu alat berat untuk membantu normalisasi Situ Tujuh Muara,” kata Dadan, Senin (30/8).

Kata dia, alat berat yang diturunkan ini merupakan aset milik DPUPR yang sifatnya mobile. Hal ini dikatakannya agar masyarakat tidak salah faham ketika alat ini diambil untuk melakukan kegiatan normalisasi di wilayah lainnya.

Memang rencanannya tahun ini kita berupaya menyediakan satu buah excavator permanen di Situ Tujuh Muara, akan tetapi realisasinya baru bisa di akhir tahun ini, sesuai jadwal dan anggaran yang sudah ditetapkan Pemerintah Kota Depok. jadi yang ada sekarang di sana bukan excavator permanen,” tuturnya.

Lebih lanjut, beber dia, excavator ini ditugaskan untuk membersihkan gulma dan juga mengeruk permukaan situ yang sudah mengalami pendangkalan.

Kami lakukan pembersihan gulma dan juga mendalamkan area situ yang mengalami pendangkalan agar ekosistim di sana berjaan dengan baik,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini DPUPR memiliki empat unit excavator amvibious yang memang dikhsusukan untuk melakukan pekerjaan normalisasi situ. Saat ini, tiga alat berat ada yang bertugas menormalisasi Situ Pangarengan, Situ Jatijajar, dan Situ Pedongkelan.

Nah yang ada di Situ Tujuh Muara ini tadinya lagi dipinjam untuk menormalisasi situ yang ada di dalam Mako Brimob. Karena disana sudah selesai, makanya alat ini sekarang sudah bisa dipakai di sini,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Pokdarwis Kelurahan Bojongsari, Daud Sulaiman, mengapresiasi respon cepat DPUPR dalam melakukan normalisasi Situ Tujuh Muara. Dengan adanya alat berat yang diterjunkan ini, akan mempercepat upaya Pokdarwis dalam menata estetika di situ tersebut.

Terima kasih untuk bantuan alat berat dari DPUPR. Beban kami dalam memberihkan gulma di situ ini jadi lebih ringan. Sebab, kalau tidak pakai alat berat akan memakan tenaga dan waktu yang lebih besar,” pungaksnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro