jalan gdc
AMBLAS: Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC) tepatnya di depan Kafe Ghawil Kota Depok amblas, Rabu (28/7). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Perbaikan jembatan di Jalan Boulevard GDC yang amblas bertampak pada lalu lintas. Kendaraan yang sering melintasi Kota Kembang tersebut terpaksa dialihkan sementara menuju Jalan Raya Kalimulya dan Raden Saleh. Penutupan total akses kendaraan di mulai 30 Agustus – 24 Desember 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, selama masa pengerjaan pembangunan jembatan ini, akan dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas (MRLL) pengalihan arus lalu lintas. Pertama, kendaraan bermotor dari arah utara atau barat akan dialihkan menggunakan Jalan Kalimulya.

“Kedua, kendaraan bermotor dari arah selatan atau timur (Jalan Jatimulya, Jalan Ar Ridho, Pasar Pucung, Sektor  Melati GDC, Jalan Abdul Gani ) akan diarahkan untuk menggunakan Jalan Kalimulya dan Jalan Raden Saleh,” ujar Dadang kepada Harian Radar Depok, Minggu (29/8).

Sementara itu, bagi pengendara sepeda motor dan kendaraan kecil yang akan melintas menuju pusat perkantoran pemerintahan di kawasan GDC serta warga sekitar. Diperbolehkan melintasi area tersebut. “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, demi untuk kelancaran pembangunan jembatan yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat untuk kita semua,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan menyiagakan 30 personel di beberapa titik. Diantaranya pasar pucung, pintu masuk GDC sektor melati, simpangan arah Pondok Rajeg, arah SPBU Biru dekat Hankam, dan PLN. “Serta nanti ada petugas yang ikut mengatur di kawasan perkantoran,” tuturnya.

Terpisah, Kasubnit Kamsel Satlantas Polres Mtero Depok, Ipda Ponco Budianto turu meminta, kepada para pengendara untuk sementara bisa menghindari Jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC) hingga 24 Desember 2021 mendatang. Sehingga, lalu lintas di lokasi ditutup petugas. “Kita sedang rapatkan dengan Polres, Dishub, DPUPR, dan stakeholder yang lain. Rencananya itu 31 Agustus sampai 24 Desember,” ucapnya.

Demi kelancaran dan keselamatan bersama, Ponco mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas terkait penutupan akses di lokasi tersebut. Petugas terkait sudah melakukan survei lokasi untuk menyiapkan rekayasa itu.

“Baru tadi kita survei, kita ukur badan jalan ini baru rencana dari GDC tetap bisa dilalui untuk proyek,” terangnya.

Lalu lintas tersebut, lanjut Ponco, akan dialihkan ke kawasan perkantoran pemerintahan Depok di Kalimulya, seperti DPRD, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan lainnya.

“Tapi nanti dialihkan melalui perkantoran DPRD, Pengadilan Negeri, nanti tembusnya di Damkar dan itu disetujui dalam rapat kemarin,” tandasnya. (daf/rd)

Jurnalis : Daffa Syaifullah 

Editor : Fahmi Akbar