bisnis masa depan

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Ada lima sekter usaha menurut Menteri BUMN Erick Thohir yang berpotensial di masa kini dan masa depan. Kelimanya adalah sektor kesehatan, makanan dan minuman (food production), digital, perbankan, dan logistik.

“Ada 5 (sektor) yang bisa kita bilang bisnis hari ini dan masa depan, itu kesehatan, food production, digital itu realita, banking, dan logistik,” ujar Erick.

Diketahui, lima sektor tersebut dipilih karena telah menyumbangkan dividen terbesar bagi negara, misalnya perbankan. Tahun lalu, empat bank pelat merah menyetor dividen Rp13,3 triliun atau sekitar 29,8 persen dari total dividen BUMN, Rp44,6 triliun.

Sementara, sektor lain yang rajin menyetor pendapatan pajak bagi negara adalah sektor telekomunikasi dan pertambangan. Keduanya menyumbang 80 persen dari total pajak yang dibayar BUMN.

Berbicara soal dividen, Erick tak menampik pandemi membuat porsi setoran dividen tergerus, sedangkan Penanaman Modal Negara (PMN) malah bertambah.

Bila sebelumnya rasio perbandingan dividen dibanding PMN adalah 75:25, kini rasio menjadi 50:50.

“Kalau orang bisnis saya rasa masih bagus, jadi kan nol, belum bayar pajak dan bayar PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) bagi hasil,” jelasnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya