peran pokja PAUD
KOORDINASI : Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Depok, Ety Maryati (paling kiri) bersama Plt Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok, Satibi dalam kegiatan Rakor Internal Pokja PAUD Kota Depok yang digelar secara online, Kamis (12/08). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ety Maryati Salim dinobatkan sebagai Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Depok. Istri dari Wakil Walikota, Imam Budi Hartono tersebut, telah menerima Surat Keputusan (SK) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, dan menjadi Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida.

Usai menerima SK tersebut dalam kegiatan Rakor Internal Pokja PAUD Kota Depok, Ety menjelaskan tentang peran dari Pokja Bunda PAUD Kota Depok. Yakni, kelompok yang dibentuk oleh Bunda PAUD di semua jenjang tingkatan, mulai dari

Provinsi hingga Desa/ Kelurahan. Tujuannya untuk mendukung pelaksanaan peran dan tugas Bunda PAUD dalam menggerakan peningkatan layanan PAUD yang berkualitas.

“Peran Pokja Bunda PAUD sangat penting untuk menggugah kesadaran masyarakat dan menggerakkan masyarakat untuk terus mendukung Lembaga PAUD dan orangtua untuk tetap menyelenggarakan pembelajaran atau stimulasi perkembangan anak usia dini,” ucapnya.

Ety menjelaskan, kenapa perlunya ada kerjasama seluruh pihak dalam memberikan pendidikan yang berkualitas untuk anak-anak di jenjang PAUD. Karena, berdasarkan data yang dimilikinya, di Indonesia sekarang ini ada 33.491.000 anak-anak jenjang PAUD, dengan jumlah lembaga PAUD ada 206.646, dan 483.833 tenaga pendidik.

“Oleh karena itu, perlu adanya sinergi yang baik antara orang tua dengan lembaga PAUD, serta dengan masyarakat. Sehingga, anak-anak tersebut bisa mendapatkan pendidikan yang baik dan sesuai tumbuh kembangnya,” katanya.

Ety menjelaskan, perlunya intervensi komprehensif, dimana pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat menyediakan dukungan. Pemerintah daerah tentunya berkeinginan untuk terus meningkatkan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan di satuan PAUD, untuk terus bergerak dalam upaya peningkatan kualitas layanannya.

“Pokja Bunda PAUD bisa melakukan koordinasi dan mengadvokasi kebijakan daerahnya (horizontal) dan juga melakukan advokasi ke jaringan di bawahnya (vertikal),” terangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida menuturkan, tentunya perlu ada kebersamaan dalam menguatkan PAUD di Kota Depok. Tentunya untuk bisa mencapai itu semua, harus dilandasi dengan niat yang ikhlas, profesionalitas, dan melakukan upaya kerja cerdas. Tidak hanya itu, tetapi juga harus memahami tugas pokok dan isi (tupoksi) yang diemban.

“Lembaga PAUD tentunya harus mendapatkan dukungan dari banyak pihak, karena untuk menciptakan pendidikan yang sesuai dengan tumbuh kembangnya, tidak hanya peran dari sekolah saja, tetapi dari lingkungan,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya