vaksinasi dari gereja
SINERGI : Pengurus Gereja ERC bersama tenaga medis Dinkes Kota Depok, serta Danramil 05 Sawangan, Kapten Infanteri Erwin Tambunan berfoto bersamai di gerai Vaksin Merdeka Gereja ERC. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Pengurus Gereja Elroi Church (ERC) dan jajaran Kodim 0508/Depok, berkolaborasi membuka gerai Vaksin Merdeka untuk jemaat gereja dan warga sekitar di lingkungan Gereja ERC, Jalan Raya Muchtar, RT2/4, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, Minggu (8/7).

Ketua Panitia Vaksin Merdeka ERC, Reinaldo Saldius mengatakan, ERC membuka gerai vaksin ini karena dilingkungan gerejanya masih banyak jemaat yang belum mendapatkan vaksinasi. Selain itu, di lingkungan sekitar gereja pun masih terdapat warga yang belum divaksin. 

“Kami ingin membantu Pemerintah, khususnya jajaran Kodim 0508/Depok, untuk mempercepat serbuan vaksinasi bagi seluruh warga Depok,” kata Reinaldo, Minggu (8/8).

Dia mengungkapkan, dalam kegiatan vaksinasi yang diadakan selama dua hari, mulai dari Sabtu (7/8) sampai Minggu (8/8) ini, pihaknya menargetkan ada 1.000 jemaat maupun warga sekitar bisa ikut divaksinasi. 

“Syaratnya mudah, tidak perlu daftar hanya menunjukan KTP Depok, dan dinyatakan sehat secara fisik dan sudah sembuh tiga bulan pasca terkena Covid-19, bisa mengikuti vaksin di sini,” tururnya. 

Dia menjelaskan, vaksinasi ini bisa terwujud berkat dukungan Kodik 0508/Depok, serta petugas medis dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas di wilayah Kecamatan Bojongsari, yang mau membantu proses vaksinasi.

“Kami dapat bantuan vaksin dari Kodim, untuk pelaksanaan dan fasilitas penunjang lainya kami yang menyediakan,” bebernya. 

Dalam kegiatan yang dibuka mulai pukul 08:00 WIB hingga 12:00 WIB ini, vaksinasi berjalan lancar. Target warga yang datang untuk vaksinasi juga tercapai. 

“Puji Tuhan, semua jemaat dan warga sekitar kami sudah dapat vaksin pertama. Vaksin yang kami gunakan Astrazeneka, maka itu sasaran kami orang dengan usia 18-60 tahun,” terangnya. 

Di tempat yang sama, Gembala Gereja ERC, Pdt. Riza Solihin mengapresiasi jajaran Kodim 0508/Depok yang mau membantu pelaksana vaksinasi ini. Dia berharap sinergi ini dapat terus terjalin dengan baik. 

“Semoga upaya Pemerintah dalam menciptakan herd immunity dapat segera terwujud,” ucap Pdt. Riza didampingi Wakil Gembala ERC, Pdt. Haryanto.

Sementara itu, Danramil 05/Sawangan, Kapten Arm Erwin Tambunan, selaku perwakilan Kodim 0508/Depok, mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi merdeka yang dilakukan Gereja ERC. Menurutnya, dengan adanya pembukaan gerai ini di Gerai ERC mempercepat pelaksanaan serbuan vaksin untuk masyarakat yang tengah mereka gaungkan. 

“Kita dukung program ini dengan menyalurkan vaksin untuk 1.000 warga di ERC ini,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya