Hasbullah
ASPIRASI : Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) dari Fraksi PAN, HM. Hasbullah Rahmad saat reses di RT03/04 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kamis (5/8) malam. FOTO : RICKY/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Melalui reses, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) dari Fraksi PAN, HM. Hasbullah Rahmad menjembatani aspirasi dan persoalan yang ada di lingkungan, untuk Tahun Sidang 2020, Hasbullah menggelar reses empat titik di Depok, salah satu aspirasinya adalah membenahi situ yang ada di Depok.

“Di Kampung Sidamukti Sukamaju ini titik yang keempat,”ujar Hasbullah usai mengadakan reses di RT03/04 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kamis (5/8) malam.

Dalam reses kali ini, Hasbullah mengungkapkan, masih berkaitan dengan infrastruktur dan pendidikan, seperti Cimanggis aspirasi berkaitan dengan pendidikan, karena jumlah sekolah yang terbatas, program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Pemprov Jabar.

Kemudian, di Mampang, sambung Hasbullah yang menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jabar ini, pihaknya mendapatkan informasi bahwa di Mampang ada Kali Krukut, di mana saat hujan, air kerap meluap dan mengakibatkan banjir.

“Kedua, LPM-nya mengusulkan membuat sodetan di Jalan Raya Sawangan yang menuju Polsek Pancoranmas, agar debit airnya bisa tereduksi,” papar Hasbullah.

Selanjutnya, titik ketiga di Cilodong, masyarakat meminta revitalisasi Situ Cilodong sebagai destinasi wisata air yang representatif. Hasbullah mengungkapkan, dulu ia pernah mengusulkan Rp 14,5 miliar dari Tahun Anggaran (TA) 2020. Namun terefocusing untuk penanganan Covid-19.

“Saya akan mengusulkan lagi agar dapat terealisasi di 2022. Karena, masyarakat di Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilodong menginginkan Situ Cilodong ditata sebagai destinasi wisata air bagi warga Depok,” katanya.

Dan titik terakhir di Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, lanjut Hasbullah, salah satu usulan masyarakat, mereka menginginkan penataan situ di wilayahnya, yakni Situ Bahar.

“Dari hasil reses di empat titik ini, saya akan membuat laporan ke kantor, baik sektor pendidikan, irigasi dan drainase, juga termasuk penataan situ,” paparnya.

Hasbullah menambahkan, di Depok sendiri  baru Situ Rawa Kalong, di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis yang direvitalisasi yang penganggarannya dibagi menjadi empat tahap, di mana saat ini baru tahap kedua.

“Hasilnya dibangun hingga empat tahap itu seperti apa, jika bagus kami akan meminta agar situ-situ yang ada di Depok juga meminta direvitalisasi,” pungkas Hasbullah.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, reses yang digelar Hasbullah dibatasi waktu, jumlah pesertanya dan aspirasi yang disalurkan masyarakat ditulis melalui secarik kertas. Bahkan, di Kampung Sidamukti, RT03/04 Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong dibagi hingga tiga sesi. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah