walikota depok tinjau
TINJAU : Walikota Depok Mohammad Idris saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di SD Karakter Bangsa, Sukmajaya. IST

RADARDEPOK.COM – Polda Jawa Barat (Jabar) mempersiapkan tempat vaksinasi Covid-19 di Jawa Barat. Hal itu menyusul pasokan 11 juta dosis vaksin yang akan dikirim pemerintah pusat bagi masyarakat Jawa Barat. Pasokan vaksin itu diperkirakan datang mulai akhir Agustus hingga akhir tahun 2021.

“Saya ingin mengecek kegiatan vaksinasi karena diharapkan ketika nanti akhir Agustus sampai dengan Desember vaksin banyak,” kata Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri saat mengecek tim tracer dan vaksinasi Covid-19 di Kelurahan Nageri Tengah, Kecamatan Purwakarta Kota, Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.

Menurutnya, infrastruktur vaksinasi Covid-19 harus disiapkan sejak sekarang. “Nanti vaksin datangnya banyak, tenaganya juga harus siap,” ujarnya.

Dari 11 juta dosis vaksin itu, ucap Ahmad Dofiri, setiap di Jawa Barat akan dijatah 250 dosis vaksin. “Apabila masing-masing puskesmas salurkan 250 vaksin, mudah-mudahan target itu (sasaran vaksinasi) di Jawa Barat bisa tercapai,” ucap Ahmad Dofiri.

Sementara gayung bersambut, Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) menargetkan vaksinasi Covid-19 di Agustus 2021 mencapai 50 persen dari jumlah penduduk. Saat ini capaian vaksinasi Covid-19 di Kota Depok sebanyak 23 persen dari target sasaran 1.613.557 orang.

“Target kami 50 persen akhir bulan ini melalui pelaksanaan vaksinasi massal di beberapa tempat,” tuturnya.

Walikota mengaku, terus melakukan percepatan vaksinasi melalui beberapa kegiatan. Selain itu, dengan adanya vaksinasi massal yang digagas TNI-Polri, dan stakeholder lainnya juga sangat membantu percepatan vaksinasi di Kota Depok. “Hingga kini pelaksanaan vaksinasi di puskesmas dan rumah sakit yang bersifat regular masih terus dilakukan setiap harinya. Diharapkan semakin banyak masyarakat yang menerima vaksin sebagai upaya pencegahan Covid-19,” pungkasnya.(rd)

Editor : Fahmi Akbar