Logo Dirjen Pajak
Logo Dirjen Pajak

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat III, Budi Suroso didampingi oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat, B. R. Prabowo membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Pajak Bertutur Kanwil DJP Jawa Barat III, dengan tema Generasi Muda Pajak, Wujud Bela Negara”dan tagline“Pajak Bertutur 2021: Sehari Mengenal, Selamanya Bangga di Ruang Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Brat III.

Pajak Bertutur dilaksanakan serentak oleh Kantor Pusat DJP, seluruh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP). Pajak Bertutur di Lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat III Tahun 2021 melibatkan siswa Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan mahasiswa yang ada di wilayah Kota Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok. Melalui kegiatan ini disampaikan arti pentingnya pajak sehingga tujuan menciptakan Generasi Cerdas dan Sadar Pajak dapat tercapai.

Rangkaian acara diawali dengan penyampaian laporan Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo kepada Menteri Keuangan. Dilanjutkan dengan penyampaian arahan oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

“Dengan tema ini diharapkan generasi muda memahami bahwa bela negara tidak selalu berarti memanggul senjata menghadapi musuh,namun juga dilakukan dengan bentuk yang lain, sepanjang masa dan dalam segala situasi. Misalnya dengan cara mengikuti Pendidikan Kewarganegaraan baik dalam pendidikan formal maupun non formal dan juga membayar pajak yang berfungsi sebagai sumber pembiayaan negara untuk melaksanakan pembangunan,” jelas Suryo Utomo.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati berharap, di masa nanti generasi muda, apapun pilihan profesinya telah dibekali dengan kesadaran pentingnya menyisihkan sebagian penerimaan bagi negara dalam bentuk pajak.

“Pajak adalah bagian dari kecintaan kita untuk turut memelihara bangsa dan negara, untuk turut serta mendukung dan mendorong proses mencapai cita-cita besar Republik Indonesia. Kalian punya peran, kalian memiliki saham di republik ini, kalian ikut bertanggung jawab dalam meujudkan Indonesia yang adil dan sejahtera,” tutur Sri Mulyani Indrawati.

Mendikbudristek, Nadiem Makarim menyebutkan, saat ini Kemendikbudristek dan Kementerian Keuangan telah menyempurnakan modul-modul pembelajaran mengenai Inklusi Kesadaran Keuangan Negara kepada siswa di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

“Kemudian ada 497 Perguruan Tinggi yang melaksanakan Pilot Project Implementasi Inklusi Kesadaran Pajak pada pendidikan tingngi. Kerja sama ini harus dilanjutkan sehingga cita -cita untuk mewujudkan Generasi Cerdas dan Sadar Pajak dapat terwujud,” ujar Nadiem.

Menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19, Pajak Bertutur kali ini dilaksanakan secara daring. Dalam rangkaian kegiatan Pajak Bertutur Kanwil DJP Jawa Barat III Tahun 2021, peserta ditanamkan materi kesadaran pajak oleh Fungsional Penyuluh Pajak Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III, Lala Krisnalia.

Selanjutnya Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III memberikan penghargaan kepada Universitas Gunadarma, atas kontribusinya menjadi Perguruan Tinggi Piloting dalam Program Inklusi Kesadaran Pajak pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kantor Wilayah DJP Jawa Barat III untuk mewujudkan Generasi Cerdas Sadar Pajak.

Penghargaan juga diberikan kepada Tax Center Universitas Gunadarma, 104 Dosen Pengampu Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) Universitas Gunadarma yang seara nyata telah membantu mewujudkan kesadaran dan kepedulian masyarakat di bidang perpajakan, khususnya bagi mahasiswa dan civitas academica.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk para mahasiswa relawan pajak dengan didampingi dosen yang memang secara nyata terlibat dalam proses pelayanan dan edukasi kepada wajib pajak. Ini investasi yang luar biasa, kita akan melihat bagaimana wajib pajak masa depan yang sadar pajak,” ucap Budi Suroso. (gun/**)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR