mobil pajak keliling pancoranmas
ANTRE : Masyarakat sedang membayar Pajak Bumi dan Banguanan (PBB) di mobil keliling BJB, yang berlokasi di Brigif Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS), Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PASIR GUNUNG SELATAN – Kecamatan Cimanggis menjadi yang pertama didatangi mobil keliling untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Nantinya, mobil kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerjasama dengan Bank BJB itu, akan keliling ke 11 kecamatan di Kota Depok.

Kasubid Penagihan Pada Bidang Pajak Daerah II BKD Kota Depok, Yuli Puspita Anggraini menjelaskan, ini merupakan kegiatan pertama kalinya dan dilaksanakan di beberapa wilayah yang ada di Kecamatan Cimanggis dan akan menyusul di 10 Kecamatan lainnya.

“Untuk pelayanan mobil keliling BJB ini, meliputi pembayaran PBB, pelayanan balik nama SPPT PBB (dengan melampirkan fotocopy KTP, dan fotocopy sertifikat), serta permohonan penghapusan pokok pajak dan sanksi administrasi berdasarkan Perwal 66 tahun 2012,” ucapnya kepada Radar Depok, Senin (9/8).

Setelah dari Kecamatan Cimanggis, akanĀ  dilakukan di Kecamatan Tapos pada 10 dan 12 Agustus, Limo 18 dan 19 Agustus, Cinere, 24-26 Agustus, Pancoranmas 31 Agustus serta 1 dan 2 September. Dilanjut Kecamatan Cipayung pada 6 dan 7 September, Beji 8 dan 9 September, Sukmajaya 13 dan 14 September, Cilodong 15 dan 16 September, Bojongsari 20 dan 21 September, sementara Kecamatan Sawangan pada 22 dan 23 September.

“Cimanggis memang menjadi kecamatan pertama dalam pelaksanaan ini. Selanjutnya untuk titik lokasinya, kami serahkan ke kecamatan masing-masing, karena mereka lebih memahami mana lokasi yang lebih strategis,” terangnya.

Sementara, Lurah Pasir Gunung Selatan (PGS) Supriyatun yang didampingi Sekretaris Kelurahan Tri Sakti Anggoro menuturkan, bahwa ini merupakan ikhtiar Pemkot Depok yang bekerjasama dengan Bank BJB dalam memudahkan warga dan mendekati warga dalam membayar PBB dan meningkatkan pendapatan daerah.

“Alhamdulillah, warga merasa terbantu dan mudah dalam membayar PBB dengan adanya Mobil PBB di wilayah Cimanggis khususnya PGS,” tuturnya.

Dia menyebutkan, tahun kemarin RW 1 PGS mendapat penghargaan peringkat kedua untukĀ  perolehan PBB tertinggi di tingkat RW. Tentu dirinya berharap ini dapat ditingkatkan dari sebelumnya.

“PGS untuk target PBB memang paling kecil se-Kecamatan Cimanggis, karena sekitarnya asrama Brimob, Brigif Para Rider, Yonkav serta Kikav,” tandasnya. (rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya