pancoranmas rawan longsor
PELATIHAN : Dosen sekolah ilmu lingkungan UI, Fatmah menjelaskan terkait pelatihan kesiapsiagaan Lansia Hadapi Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Kecamatan Pancoranmas.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang rawan bencana. Kecamatan Pancoranmas merupakan salah satu kecamatan yang memiliki tingkat risiko bencana longsor yang paling tinggi.

Dosen Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (UI), Fatmah mengatakan, selama 3 tahun terakhir Kecamatan Pancoranmas terjadi peningkatan bencana banjir dan tanah longsor yang di sebabkan buruknya sistem drainase dan tingginya curah hujan.

“Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini di Kecamatan Pancoranmas rawan bencana, yakni di kawasan Kelurahan Depok, Pancoranmas, dan Mampang,” ujarnya kepada Radar Depok, Minggu (29/08).

Dirinya mengungkapkan, penting dilakukan upaya peningkatan pengetahuan dan perilaku kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi bencana banjir di daerah rawan. Karena, anak-anak dan kelompok rentan lainnya, seperti perempuan dan lansia menjadi korban paling banyak.

“Mayoritas kelompok lansia berada dalam kategori bahaya tinggi dan bahaya sedang saat terjadi bencana akibat keterbatasan fisik, gangguan sensoris, dan adanya penyakit-penyakit degeneratif yang diderita.,” ungkapnya.

Sebelumnya,  pelatihan kesiapsiagaan lansia hadapi banjir dan tanah longsor telah dilaksanakan tanggal 25 Agustus 2021 lalu sebagai salah satu bentuk mitigasi bencana alam. Peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari 24 kader posbindu lansia tingkat kelurahan, 4 pengurus pokja lansia kecamatan, dan 2 staf Kelurahan.

“Tujuan pelatihan adalah untuk  meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok,” tandasnya. (rd/cr1)

 

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Pebri Mulya