penyuluh prokes
TINGKATKAN KESEHATAN : Kepala KUA hingga Penyuluh Agama ketika melakukan sosialisasi prokes 5M guna meningkatkan kesadaran masyarakat di setiap Kecamatan Kota Depok. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Semakin meningkatnya penyebaran Covid-19 di Kota Depok menimbulkan kekhawatiran yang sangat besar. Sehingga Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok mengambil sikap untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat akan kesehatan di masa pandemi.

Kepala Kemenag Kota Depok, Asnawi menerangkan, aksi nyata ini dilaksanaan secara serentak di 11 kecamatan yang ada di Kota Depok. Sebagai garda terdepan adalah KUA, dengan para Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS (FKPAI). Dalam pelaksanaannya akan disaksikan dan di hadiri para pimpinan dari Kantor Kementerian Agama, serta berkoordinasi dan bekerjasama dengan tim gugus tugas penanggulangan Covid19 setempat.

“Selain memberikan bantuan berupa vitamin, masker, hand sanitiser, sampo, sembako dan stiker Prokes 5 M kepada masyarakat. Pihak KUA dan para Penyuluh Agama juga memberikan informasi dan edukasi serta berkoordinasi dan  bekerjasama dengan tim gugus tugas penanganan Covid-19 di masing-masing wilayah kecamatan, ujarnya”ujarnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (5/8).

Dia menerangkan, mekanisme penyaluran bantuan dan sosialisasi kepada masyarakat di kecamatan tidak sama. Ada yang mendatangi langsung rumah, tempat ibadah atau yang melintasi jalan, sopir angkutan umum, transportasi online. Dan ada yang melaksanakan nya di KUA atau tempat lain yang telah disepakati dan ada yang dirangkai dengan pemberian vaksin.

“Kemenag selalu merespon cepat setiap kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran covid 19. Ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat,” katanya.

Seperti yang diungkapkan, epala KUA Kecamatan Cinere, Ujang Priskandar menambahkan, selain berkoordinasi dan bekerjasama dengan tim gugus tugas penanggulangan Covid-19. KUA Cinere dan para penyuluh Agama Islam juga sudah melakukan sosialisasi kepada instansi terkait, di rumah, di masjid atau musala, kepada para tokoh agama terkait dengan penerapan PPKM di masa pandemi.

Sebelumnya jajaran Kemenag Depok juga sudah melakukan berbagai kegiatan sosialisasi terkait dengan surat edaran Menteri Agama nomor 16, 17, 18, 19 dan yang terbaru di masa PPKM Level 4, yaitu SE nomor 20 dan 21 tahun 2021.

Diharapkan dengan penerapan PPKM bisa menekan jumlah penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Depok dan pandemi ini segera berakhir sehingga seluruh masyarakat bisa beraktifitas kembali seperti biasa.

Sementara untuk waktu kerja pegawai di lingkungan Kemenag Kota Depok sampai saat ini masih merujuk pada peraturan terkait dengan PPKM level 4. dan Surat Instruksi Dirjen Bimas Islam nomor  P- 001/DJ.III/Hk.007/07/ 2021 tentang Pelaksanaan Pelayanan Nikah Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan Level 3, yaitu untuk menerapkan Work From Home (WFH) hingga tanggal 2 Agustus 2021. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar