ilustrasi tanggal libur
ILUSTRASI

RADARADEPOK.COM – Selasa pekan depan atau tepatnya 10 Agustus 2021, dipastikan tidak menjadi tanggal merah. Libur Tahun Baru Islam 1443 Hijriah itu digeser pada 11 Agustus 2021. Perubahan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 642 tahun 2021 tentang tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021. Hari libur tahun baru Islam atau 1 Muharram digeser satu hari menjadi 11 Agustus.

Kepala Bagian Organisasi dan Reformasi Birokrasi (ORB) Sekretariat Daerah (Setda) Depok, Agung Sugih Arti mengatakan, penggeseran libur Tahun Baru Islam atau 1 Muharram di Kota Depok, masih menunggu draft Surat Edaran (SE) Walikota. “Draft SE perubahan libur nasional yang terbaru masih belum rampung,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (5/8).

Dia menambahkan, belum rampungnya SE tersebut, lantaran masih menunggu dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar), sebagai dasar hukum Surat Edaran (SE) Walikota Depok. “Agak telat sebab menunggu yang dari provinsi sebagai dasar hukum turun ke SE Walikota Depok,” bebernya.

Sebetulnya, sambung Agung, draft SE Walikota telah dibuat, sesuai dengan SKB 3 Menteri yang terbaru mengenai Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021, diputuskan hari libur tahun baru Islam atau 1 Muharram digeser satu hari menjadi 11 Agustus.

“Sudah dibuat draftnya sesuai dengan SKB 3 Menteri yang terbaru. Biasanya yang lalu-lalu memang sama dengan SKB 3 Menteri. Jika sudah di tanda tangan Walikota, akan dishare,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Marry Liziawati menjelaskan, mengenai pergeseran hari libur, yang awalnya jatuh pada tanggal 10 Agustus, menjadi 11 Agustus, bisa ke bagian ORB. “Tentang hari libur dan cuti di bag ORB,” tegasnya.

Sekedar informasi, Pemerintah resmi mengumumkan bahwa libur Tahun Baru Islam 1 Muharam 1443 Hijriah diundur satu hari, dari sebelumnya pada Selasa (10/8) menjadi Rabu (11/8).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, ada tiga poin terkait dengan perubahan tersebut, yakni pemerintah memutuskan melakukan perubahan 2 hari libur nasional dan meniadakan 1 hari libur cuti bersama.

Libur Tahun Baru Islam, yang jatuh pada Selasa 10 Agustus 2021 diubah menjadi Rabu 11 Agustus 2021. Kemudian, untuk libur Maulid Nabi pada 19 Oktober 2021 diubah menjadi Rabu 20 Oktober 2021. Sementara untuk libur cuti bersama Natal tanggal 24 Desember 2021 ditiadakan.

“Sesuai dengan arahan presiden untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan merebaknya penularan wabah Covid- 9 yang sampai sekarang belum dituntaskan secara baik, maka, kemudian bapak presiden memberikan arahan agar ada peninjauan ulang masalah libur dan cuti bersama,” ujar Muhadjir.

Keputusan tersebut diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021 pada 18 Juni 2021.(daf/rd)

Jurnalis : Daffa Syaifullah 

Editor : Fahmi Akbar