Muawanatul Islamiyah
VIRTUAL: Kegiatan belajar mengajar secara virtual yang dilakukan oleh TK Muawanatul Islamiyah, salah satunya rutinitas membaca Alquran, dan Asmaul Husna. FOTO: PUTRI DESCA ALI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Yayasan Tarbiyah Muawanatul Islamiyah memiliki sejumlah lembaga pendidikan formal, di antaranya Raudhatul Athfal (RA)/TK, Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Meskipun digelar virtual atau dalam jaringan (Daring), mereka selalu merutinkan kegiatan tadarus Alquran, yang dipimpin Amrul Muttaqin

Selain itu, lembaga pendidikan yang terletak di Jalan Tugu Kecamatan Cimanggis ini juga setiap Jumat membaca Yasin, Tahlil, dan Asmaul Husna, mulai dari pukul 07.00 hingga 07.30 WIB.

“Kegiatan ini diikuti seluruh siswa, dan guru dari RA/TK sampai MTs. Kegiatan tersebut untuk membentuk siswa lebih religius, kami juga rutin absen kehadirannya,” tutur Kepala RA/TK Muawanatul Islamiyah, Siti Fauziah.

Fauziah mengatakan, jika siswa tidak mengikuti kegiatan pagi tidak dianggap absen, kecuali siswa sakit. Atau yang tidak mempunyai kuota maupun handphone bisa koordinasi dengan wali kelas.

“Ayat Alquran yang dibaca merupakan surat pilihan, di antaranya surat Ar-Rahman, Al-Waqiah, dan Asmaul Husna. Kalau Jumat membaca surat Yasin dan Asmaul Husna. Setelah kegiatan itu semua siswa diabsen yang sudah dicatat wali kelas, kemudian siswa belajar seperti biasa,” terangnya.

Perlu diketahui, bagi siswa yang tidak mampu atau tidak mempunyai fasilitas bisa membawa surat keterangan tidak mampu (SKTM), untuk selanjutnya berkoordinasi dengan wali kelas. Walau pun giat dilakukan virtual, ia berharap silaturahmi antar siswa tetap terjaga. Begitu pun dengan guru yang mengajar.

“Selain membaca surat pendek Alquran, diadakan pula giat membaca bersama,” pungkasnya. (rd/mg1)

 

Jurnalis: Putri Desca Ali

Editor: M. Agung HR