Paskibra Depok Latihan
LATIHAN: Paskibra Kota Depok yang terdiri dari 27 pelajar Kota Depok saat berlatih menyambut kemerdekaan RI di Balaikota Depok. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK — Meski di tengah pandemi Covid 19, menjadi suatu kewajiban untuk menaikan bendera merah putih saat hari kemerdekaan. Saat ini, pasukan Paskibra Kota Depok sedang berlatih guna memberikan performa terbaik saat pengibaran Sang Merah Putih di Kantor Balaikota Depok.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Wijayanto mengatakan, ada sebanyak 26 pelajar Kota Deook yang mengisi skuat Paskibra tahun ini. Tentunya dengan menjaga protokol kesehatan. “Semua di ambil dari Pelajar di Kota Depok, yang memang fokus mendalami paskibra, sehingga terpilih. Ini putra putri terbaik Depok,” katanya, Senin (9/8).

Dirinya memastikan, jika proses pemilihan, seleksi, hingga saat ini selalu menjaga protokol kesehatan, dengan setia menggunakan masker bahkan face Shield, hingga tetap menjaga jarak. Hal ini dilakukan, agar tidak terjadi penyebaran covid 19, mengingat para personil paskibra adalah para pelajar yang masih dalam kategori rentan. Sehingga upaya pemantauan terus dilakukan, demi kebaikan para petugas pengibar bendera ini.

“Waktunya juga tidak seperti biasa. Kita batasi, tapi pelatihan fokus agar berjalan efektif,” tegas Wijayanto.

Ia menerangkan, jika sebelum menjalankan latihan, petugas paskibra juga diwajibkan menjalani Rapid Antigen yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, dengan menunjuk seluruh hasilnya non reaktif. Menurutnya, nanti petugas juga akan mengikuti vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 yang akan dilakukan sebelum bertugas saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI).

Kepala Seksi Pengembangan Pemuda dan Kepemimpinan Disporyata Kota Depok, Budiman, kegiatan latihan mulai tanggal 3-15 Agustus setiap hari. Namun pihaknya sebelumnya juga telah memberikan latihan sejak Juni 2021 tapi waktunya hanya sehari dalam seminggu. “Untuk latihan di lapangan Balaikota dilakukan dalam upaya mematangkan persiapan menjelang HUT RI kami lakukan setiap hari dengan protkes ketat, ” tandasnya. (rd/arn)

 

Jurnalis: Arnet Kelmanutu

Editor: M. Agung HR