depok virtual expo
INOVASI : DKUM Kota Depok saat menggelar Depok Virtual Expo 2021. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menelurkan beragam inovasi, guna membangkitkan sektor ekonomi yang terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19.

Salah satu bukti nyatanya dengan menghelat Depok Virtual Expo 20201. Bukan kaleng-kaleng, kegiatan ini turut melibatkan e-commerce ternama tanah air : Tokopedia dan Shopee, sebagai motor penggerak pemasaran produk para pelaku UMKM di kota ini.

uu depok virtual expo
BICARA : Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, saat mengisi Depok Virtual Expo 2021. ist

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menyebut, kegiatan itu dibuka mulai hari ini sampai dengan 5 September 2021. Ia mengungkapkan, ada sekira 350 UMKM Kota Depok yang akan meramaikan kegiatan itu.

Mulai dari produk kuliner, fashion dan kerajinan, didominasi oleh produk kuliner,” katanya dikutip pada Selasa 24 Agustus 2021.

Fitriawan menjelaskan, tidak hanya bazar produk UMKM, gelaran Depok Virtual Expo 2021 juga diisi dengan beberapa kegiatan lain seperti klinik bisnis dengan menghadirkan mentor yang profesional. Kemudian ada kompetisi startup baru dengan total hadiah senilai Rp5 juta.

idris depok virtual expo
BERI KETERANGAN : Walikota Depok, Mohammad Idris, mengisi materi di Depok Virtual Expo. ist

Lalu ada webinar yang akan membahas tentang wirausaha baru dalam mencari ide untuk menentukan target market. Lalu juga tentang seluk beluk mengurus aspek legal bagi UMKM di Depok,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, para UMKM Kota Depok tetap terjaga semangatnya dalam menjalankan usaha. Selain juga agar terus berkreasi untuk menarik konsumen.

Perlu kreasi dalam produk yang dimiliki agar konsumen tertarik dan membeli,” tutupnya.

Sementara itu, Komunitas Jaringan Wirausaha (Jawara) Depok, mengaku sangat mendukung kegiatan tersebut. Ketua Umum Jawara Depok, Ubaidillah mengatakan, komunitas ini berisi berbagai pengusaha aktivis dari berbagai organisasi nasional. Mereka berkumpul kemudian mencoba membangun acara lokal yang berbasis di Kota Depok.

Selain terlibat aktif dalam program pemulihan ekonomi, Jawara Depok juga rutin menggelar pelatihan sekaligus permodalan bagi UMKM,” bebernya.

Untuk diketahui, kegiatan Depok Virtual Expo 2021 telah dibuka secara resmi oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris dan dihadiri secara virtual oleh sejumlah tokoh nasional dan lokal, seperti Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

Kemudian, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizky Handayani, dan Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono. (rd/jun)