gor depok
GORDEPOK : Suasana terkini GOR Kota Depok yang sedang masuk pengerjaan tahap kedua, yang berada dikawasan Jalan Boulevard GDC, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong. IST

DEPOK – Proyek pembangunan dan penataan lingkungan Gedung Olahraga (GOR) di kawasan Grand Depok City (GDC), kembali dilanjutkan. Kini, pembangunan yang dibagi dua tahap tersebut progresnya sudah mencapai 34,85 persen.

Pelaksana pembangunan GOR Depok Humas PT Anggadita Teguh, Nainggolan menjelaskan, seharusnya progres proyek tersebut selama VIII (delapan) Minggu atau 2 bulan capai 21,91 persen. Tetapi, hasil deviasinya justru naik lebih cepat sampai mencapai 12,94 persen dikerjakan. “Percepatan pembangunan pasti akan terus dilakukan dengan tetap menjaga-menjaga ketentuan biar berkualitas,” terangnya.

Terkait Keselamatan Kesehatan Kerja (K3), sebut Nainggolan, pihaknya secara rutin melaksanakan apel bersama dengnan Tenaga Ahli K3. Sehingga, meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, terlebih dalam satu Minggu sekali selalu diberikan pengarahan sebab hinga akibatnya. “Sengaja memang kita adakan, buat cek kelengkapan APD, sampai pelindung diri diketinggian,” kata Nainggolan kepada Harian Radar Depok, Jumat (20/8).

Lebih dalam, dia menerangkan, guna mengantisipasi penularan wabah Covid-19¬† pekerja proyek selalu dihimbau untuk menjalankan Protokol kesehatan (Prokes). Mengingat setiap pekerja juga punya keluarga, sehingga sadar untuk tetap disiplin prokes. “Kita selalu ingatkan kalau ada keluarga di rumah, jadi harus peduli kesehatan. Itu yang selalu kita ingatkan,”bebernya.

Tah hanya itu, Nenggolan mengatakan, pihaknya juga menyediakan fasilitas kepada pekerja yang beragama Islam untuk melaksanakan salat. Begitu juga yang non muslim, untuk tetap menjalankan ibadahnya, jika belum bisa secara langsung, diberikan waktu untuk beribadah secara online. “Setiap hari Jum’at dan hari besar umat muslim, kami selalu mengundang ustad dari masjid terdekat untuk jadi Imam dan fasilitasnya tersedia di halaman parkir GOR,” lanjutnya.

Kepala Bidang Tata Bangunan Disrumkim Kota Depok, Suwandi mengatakan, pembangunan GOR tahap I telah rampung pada 2020. Kini, berlanjut beberapa infrastruktur yang menjadi prioritas. Yaitu bagian interior, area bawah parkir, jalan lingkar, penataan halaman, dan jembatan.

“Bagian interior meliputi area lapangan dan tribun penonton. Sedangkan tahap satu sudah dibangun fasad luar, jembatan, dan turap,” jelasnya.

Perlu diketahui,  pembangunan yang dikerjakan PT Anggadita Teguh itu memiliki nila kontrak sebesar Rp11.941.665.272,50 dan targetnya, rampung sebelum 150 hari kalender terhitung hari pertama pengerjaan. Gor Kota Depok memiliki luas kurang lebih 4.992 meter persegi. Dengan Kapasitas penonton mencapai 950-1.000 orang. Sarana olahraga ini juga dilengkapi berbagai fasilitas. Antara lain lapangan basket, voli, dan bulutangkis. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu 

Editor : Fahmi Akbar