Santunan MTs Al-Kautsar
BERBAGI: Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar, memberikan santunan kepada anak yatim, dalam kegiatan 10 Muharram 1443 Hijriah. FOTO: MTS AL-KAUTSAR

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pada peringatan 10 Muharram 1443 Hijriah, Madrasah Tsanawiyah Al-Kautsar memberikan santunan kepada anak yatim, pada Sabtu (21/8). Kegiatan tersebut merupakan salah satu tradisi yang baik. Dengan didukung Komite MTs Al-Kautsar, dapat melaksanakan berbagi kasih dengan peserta didik dan anak yatim di sekitar lingkungan sekolah.

Bagian Publikasi MTs Al-Kautsar, Nurul menuturkan, santunan yatim ini sukses terlaksana karena adanya kerjasama, dukungan dan jiwa dermawan dari keluarga besar MTs Al-Kautsar. Mulai dari dewan guru, Korlas, serta para donatur.

“Semoga apa yang telah didonasikan untuk kegiatan ini dapat Allah balas dengan pahala berlipat ganda, Amiin,” ungkap Nurul.

10 Muharram merupakan tanggal yang sangat familiar didengar oleh masyarakat Indonesia, sering disebut dengan hari Asyura. Pada hakikatnya bulan Muharram adalah bulan mulia dan penuh keberkahan. Dalam penanggalan Hijriah, Muharram adalah bulan pertama, dan memiliki arti “diharamkan”. Jadi, pada bulan Muharram umat Islam dilarang melakukan peperangan karena begitu mulianya bulan ini.

Banyak peristiwa penting yang terjadi pada bulan Muharram. Di antaranya, diciptakannya Nabi Adam alaihi salam (as) di Surga, diterimanya taubat Nabi Adam as, naik dan sejajarnya perahu Nabi Nuh as dengan Bukit Zuhdi setelah banjir besar, terbelahnya laut merah untuk Nabi Musa as setelah dikejar Fir’aun, tenggelamnya Fir’aun di dasar laut merah saat mengejar Nabi Musa, dikeluarkannya Nabi Yunus as dari perut ikan paus, dikeluarkannya Nabi Yusuf as dari sumur setelah diceburkan saudara-saudaranya, diterimanya taubat umat Nabi Yunus as, dilahirkannya Nabi Ibrahim as, selamatnya Nabi Ibrahim AS dari api yang membakarnya oleh Raja Namrud, dilahirkannya Nabi Isa as, diangkatnya Nabi Isa as ke langit, dikembalikannya penglihatan Nabi Ya’qub as, dibuka (dihilangkan) nya madlorot yang mendera Nabi Ayyub as, serta diampuninya Nabi Daud as.

“Sungguh menakjubkannya Muharram ini. Sehingga, sudah tidak meragukan lagi betapa istimewanya bulan ini. Bahkan pada tanggal 10 muharram tersebut  sering dijuluki sebagai Lebaran Yatim. Karena Rasulullah pun sangat memuliakan anak yatim, dan kerapkali memberikan rasa kasih sayang dan membahagiakan anak yatim. Allah Berfirman dalam surah Al-Baqarah: 220 tentang dunia dan akhirat mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah “memperbaiki keadaan mereka adalah baik”, pungkasnya. (rd/ina)

 

Jurnalis: Febrina

Editor: M. Agung HR