WEBINAR : Suasana saat Webinar “Peningkatan Peran Remaja Dalam Mensukseskan Vaksinasi & Double Masker Untuk Menjaga Kamu dan Aku dari Covid-19 Melalui Desain Infografis” yang diselenggarakan Tim PKM FK UPNVJ, Jumat (6/8). FOTO : Repro

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid -19 yang sampai saat ini belum berakhir, sehingga upaya pencegahan memegang peranan yang sangat penting sebagai upaya penanggulangan dan pemberantasan Covid-19. Karenanya, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) mengadakan sosialisasi Webinar kepada remaja khususnya Generasi Z.

Laporan : Ricky Juliansyah

Bukan hanya menjadi tugas pemerintah, menanggulangi pandemi Covid-19 perlu dukungan dari seluruh stakeholder, salah satunya dari remaja yang saat ini memiliki akses luas di media sosial dan dunia maya. Sehingga, Tim PKM Fakultas Kedokteran UPNVJ mengadakan Webinar yang mengusung tema “Peningkatan Peran Remaja Dalam Mensukseskan Vaksinasi & Double Masker Untuk Menjaga Kamu dan Aku dari Covid-19 Melalui Desain Infografis” Jumat (6/8).

Repro

Adapun Tim PKM UPNVJ dari Fakultas Kedokteran yang terlibat dalam PKM tersebut yakni, Ketua Tim PKM dr. Sri Wahyuningsih MKes, Meiskha Bahar SSi. MSi, dr. Hany Yusmaini MKes, dr. Erna Harfiani MSi, dr. Mila Citrawati MBiomed dan dr. Agnetha Irmarahayu MPdKed. Sementara, peserta Webinar itu untuk remaja, terkhusus , kali ini untuk siswa SMA Negeri I Tambun Bekasi.

Remaja adalah Mereka yang berada pada tahap transisi antara masa kanak-kanak dan dewasa, usia 12-24 tahun (WHO). Disebut dengan Generasi Z (1995-2010),  orang-orang yang lahir di generasi internet generasi digital yang mahir dan gandrung akan teknologi informasi dan berbagai aplikasi komputer.

Repro

Hasil Sensus Penduduk 2020, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total populasi penduduk Indonesia.

Sri Wahyuningsih mengutarakan bahwa generasi Z yang lebih menguasai teknologi dan aktif di dunia maya melalui media sosial. Hal ini menjadi sangat penting untuk dapat ditingkatkan peranannya dalam menyebarluaskan informasi terkait edukasi masalah kesehatan.

Pemerintah yang saat ini sangat konsen dalam pelaksanaan program vaksinasi dalam upaya untuk melakukan tingkatan pencegahan yakni spesific protection. Juga pemakaian dobel masker yang menurut penelitian efektif mengurangi risiko penyebaran secara luas.

Repro

Pada kesempatan tersebut, ia pun menjelaskan, peran generasi Z dalam menyukseskan vaksinasi dan new normal itu, yakni mengikuti anjuran pemerintah, baik disiplin menerapkan protokol kesehatan melalui 6M, dan berpartisipasi dalam pelaksanaan vaksinasi, bagi mereka yang usianya sudah 12 tahun ke atas.

Kemudian, berkolaborasi dengan pemerintah, seperti di bidang seni dengan pertunjukan secara virtual hingga mengekspos hasil karya, di dunia maya bisa dengan mengedukasi masyarakat terkait Covid-19 dan terakhir di bidang wirausaha, yakni adaptasi usaha, alih usaha dari luring (offline) menjadi daring (online).

“Diharapkan para remaja secara aktif melakukan edukasi tersebut melalui design infografis yang menarik temannya melalui media sosialnya sehingga informasi terkait program vaksinasi dan dobel masker dapat disebarluaskan dan harapannya pandemi Covid -19 segera berakhir,” ucap Sriwahyuningsih kepada Radar Depok. (rd)

 

Editor : Ricky Juliansyah