bahan artikel kiriman dosen

RADARDEPOK.COM – Menjadi salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Fakultas Teknik (FT) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FT UPNVJ) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berjudul “Pelatihan pembuatan bawang putih hitam sebagai pangan fungsional pemelihara kesehatan bagi Majelis Pengajian Al-Ihsan, Ciledug, Kota Tangerang”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Tanggal 13 Agustus 2021 sampai dengan 27 Agustus 2021 bertempat di Aula Majelis Al-Ihsan RT08/RW02 Pedurenan, Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang peserta yang merupakan anggota kelompok pengajian Al-Ihsan dan dilaksanakan dengan menggunakan masker sesuai dengan protokol kesehatan.

Kegiatan PKM ini dilatarbelakangi oleh pandemi virus Korona (Covid-19) yang masih melanda Indonesia dan berdampak negatif khususnya bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan kesehatan dan imunitas tubuh, perlu dilakukan langkah-langkah penting seperti melakukan vaksinasi, berolahraga, memakan makanan yang bergizi, dan mengonsumsi vitamin dan pangan fungsional sebagai suplemen.

Bawang putih hitam (Black garlic) merupakan bawang putih yang mengalami pencokelatan akibat dari proses pemanasan dengan suhu sekitar 70-80oC. Mengonsumsi black garlic merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan imunitas supaya terhindar dari infeksi Covid-19. Kandungan antioksidan dan nutrisi yang ada di dalam black garlic mampu menjaga kesehatan jantung, menstabilkan tekanan dan gula darah, dan juga menetralkan stres pada sel dan jaringan tubuh.

Kegiatan PKM ini terdiri atas beberapa kegiatan, yaitu pemaparan materi mengenai manfaat kesehatan black garlic, demonstrasi pembuatan black garlic oleh narasumber, dan percobaan langsung membuat black garlic oleh peserta.

Pemaparan materi dan pelatihan pembuatan black garlic dilaksanakan oleh ketua Tim Pelaksana Dosen Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UPNVJ, yaitu Dr. Eng. Muhamad Alif Razi, S.Pi., M.Sc. Kegiatan ini berlangsung baik dan dinamis yang disertai dengan diskusi dan tanya jawab oleh para peserta dan narasumber. Para peserta terlihat antusias dalam menyimak dan memberikan pertanyaan.

Kegiatan PKM ini diakhiri oleh kegiatan membuat black garlic oleh perwakilan anggota Majelis Al-Ihsan sebanyak 3 orang. Metode pembuatan black garlic dilaksanakan dengan menggunakan alat pemanas rice cooker dan proses pembuatannya memakan waktu selama 11 hari.

“Salah satu keunggulan dari black garlic jika dibandingkan dengan bawang putih adalah kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan palatibilitas yang lebih baik” ujar Dr. Eng. Muhamad Alif Razi, S.Pi., M.Sc. Diharapkan dengan kegiatan PKM ini selain menambah wawasan peserta mengenai manfaat kesehatan dan mengetahui cara pembuatan black garlic, para peserta juga mampu meningkatkan kesehatannya dengan mengonsumsi black garlic ini. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya