RADARDEPOK.COM – Komitmen PKS untuk melayani masyarakat melalui program-program pemberdayaan terus dilakukan, salah satunya melalui program Rumah Tangguh Berdaya (RTB). PKS Jakarta Timur mencanangkan akan membentuk 1 RTB di setiap kecamatan yang berada di wilayah Jakarta Timur.

Ketua PKS Jakarta Timur Bidang Pemberdayaan Jaringan Ekonomi Ustadz Tadjudin hadir memberikan sambutan saat peresmian RTB Matraman Kedai Mubarok yang bertempat di Pisangan II Jakarta Timur.

Tajudin menjelaskan, RTB merupakan wadah untuk menampung para UMKM agar mereka bisa bertahan, tumbuh dan berkembang usahanya.

Ketua BPJE Matraman Jakarta Timur, Childa menambahkan, RTB merupakan  Rumah Integrasi Pemberdayaan yang membangun ekosistem yang kegiatannya meliputi pendidikan dan pelatihan digital marketing, Content Creator, Entrepreneurship, serta membantu UMKM agar busa bersinergi dengan perusahaan sehingga mendapatkan bantuan permodalan, maupun pembinaan.

“Dengan adanya RTB, para pelaku UMKM juga tidak akan dipusingkan dengan permasalahan distribusi produk, karena RTB juga memiliki fungsi sebagai distribution center dari produk yang dihasilkan UMKM,” tegas Childa.

Sementara itu, Ketua Umum DPD PKS Jakarta Timur yang diwakilkan oleh Sekretaris Umum Tedy Ramadanus mengatakan, dampak pandemi yang belum juga berakhir berakibat pada meningkatnya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), untuk itu PKS harus hadir untuk bersama masyarakat berkonstribusi mengatasi PHK, salah satunya dengan keberadaan RTB.

“Anggota PKS harus mendata di lingkungannya keluarga yang suami/istrinya ter PHK, jumlah usaha warga yang perlu dibina sehingga program RTB tepat sasaran dan terukur,” tutur Tedy.

Acara peresmian RTB Matraman Kedai Mubarok dilakukan oleh Anggota DPR RI Fraksi PKS Dr. Hj. Anis Byarwati, yang didampingi oleh Anggota DPRD DKI Jakarta, Fraksi PKS Drs. H.M Taufik Zoelkifli, MM. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Lurah Pisangan, Ketua RW/RT setempat, Ketua Koperasi   KSWJ, Ketua DPC PKS Matraman, dan dihadiri secara virtual 30 pelaku usaha di kecamatan Matraman.(rd/ina)

Jurnalis / Editor :  Febrina