pmi sembur
CEGAH COVID : Armada PMI Kota Depok saat melakukan disinfektan secara rutin di berbagi penjuru Kota Depok. Upaya penyemprotan disinfektan organik akan dilakukan PMI. FOTO : ARNET/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – PMI Kota Depok terus melakukan inovasi serta sinergitas dalam mengantisipasi penyebaran Covid 19 di masyarakat. Kali ini PMI, bakal menyemprot disinfektan menggunakan eco enzyme yang ramah akan lingkungan.

Kepala Markas PMI Kota Depok, Imron Maulana menerangkan, upaya ini dilakukan PMI setelah bekerjasama dengan komunitas Eco Enzy Nusantara Kota Depok. Demi kesehatan masyarakat melalui inovasi anak bangsa, yang tentunya sangat bermanfaat. “Insha Allah ramah lingkungan, karena terbuat dari organik,” jelasnya kepada Harian Radar Depok, Jumat (20/8).

Dia menyampaikan, jika PMI bersama komunitas Eco Enzy akan melakukan penyemprotan pertama kali di lingkungan masyarakat, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Sabtu 21 Agustus 2021 (hari ini). Penyemprotan akan memggunakan satu unit mobil gunner dan dua unit granmax yang telah dimodifikasi menggunakan alat semprot steam.

“Ada sekitar 6 relawan yang turun dibantu pihak lain, aparat keamanan untuk memperlancar penyemprotan karena mengayasar jalan utama, jalan lingkungan, sampai ke rumah warga, terutama yang jalani isolasi mandiri,” ungkap Imron.

Dari informasi yang dihimpun, cara pembuatan disinfektan Eco enzyme sederhana, yaitu terbuat dari buah busuk, sayuran busuk, dicampur molage, lalu di campur air. Diamkan selama 90 hari baru Eco enzyme bisa digunakan.

Cairan ini diklaim mampu menyerap udara yang bau sehingga terasa lebih segar. Tak hanya itu, bahkan sebagai pupuk dan pestisida juga bisa, sehingga digunakan petani sebagai pengganti pestisida kimia. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet KelmanutuĀ 

Editor : Fahmi AkbarĀ