PMI Kota Depok Disinfektan Ramah Lingkungan
BERI PENGARAHAN: Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz memberikan pengarahan sebelum dilakukannya penyemprotan disinfektan Echo Enzyme yang ramah lingkungan. FOTO: ARNET KELMANUTU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK — PMI Kota Depok menggaet Komunitas Eco Enzy Nusantara Kota Depok dalam melakukan sterilisasi di seluruh area publik serta lingkungan masyarakat, dengan menyemprotkan disinfektan ramah lingkungan Echo Enzyme, di Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Sabtu (21/8).

Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mir’az menerangkan, pihaknya terus berupaya melakukan antisipasi penyebaran covid-19 di seluruh wilayah Kota Depok secara rutin. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam beraktifitas, terutama anak-anak.

“Ini memang kesempatan kami untuk memberikan yang terbaik, disinfektan ramah lingkungan, disinfektan Eco Enzyme juga ramah untuk masyarakat, termasuk anak-anak,” terangnya.

Dudi menjelaskan, bahwa penyemprotan udara eco enzyme dilakukan dalam menyehatkan manusia juga lingkungan sekitar. Sebab disinfektan yang digunakan selama ini masih dinyatakan belum aman bagi manusia dan lingkungan karena banyak terdapat zat kimia.

“Jadi kami sangat berterima kasih kepada komunitas Eco Enzy Nusantara yang bersedia, bersama melakukan antisipasi dengan PMI,” jelas Dudi.

Ia juga melanjutkan, manfaat disinfektan Echo Enzyme sangat baik, selain tanpa zat kimia karena terbuat dari buah dan sayur busuk. Disinfektan ini juga dikategorikan dengan harga terjangkau karena bahannya bisa dari swadaya masyarakat dari hasil sayur dan buah sisa.

“Ini sebgaai ikhtiar kita untuk terus terbebas dari pandemi,” ungkap Dudi.

Diketahui, Disinfektan Echo Enzyme terbuat dari sayur dan buah yang telah busuk, Dari informasi yang dihimpun, cara pembuatan disinfektan Eco enzyme sederhana, yaitu buah busuk, sayuran busuk, dicampur molage, lalu di campur air. Diamkan selama 90 hari baru Eco enzyme bisa digunakan. Cairan ini diklaim mampu menyerap udara yang bau sehingga terasa lebih segar. Tak hanya itu, bahkan sebagai pupuk dan pestisida juga bisa, sehingga digunakan petani sebagai pengganti pestisida kimia.

Dalam kegiatan penyemprotan tersebut, PMI bersama Komunitas Echo Enzyme didukung tiga pilar Kelurahan Sukatani, mulai dari Camat, Lurah, Polsek Cimanggis, Koramil Cimanggis, Karang Taruna, hingga Kader Posyandu. (rd/arn)