PN depok mou slb
KERJASAMA PELAYANAN : Ketua Pengadilan Negeri Depok, Syamsul Arief (tengah) bersama pihak dari SLB Negeri Depok ketika tanda tangan kerjasama pelayanan penyandang disabilitas. PN FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Pengadilan Negeri (PN) Kota Depok terus meningkatkan pelayanan. Kali ini, untuk masyarakat berkebutuhan khusus. Belum lama, PN Depok menandatangi perjanjian kerjasama (MoU) bersama Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Depok, di Ruang Sidang Utama, Kantor Pengadilan Negeri Depok.

Humas Pengadilan Negeri Depok, Ahmad Fadil menerangkan, MoU untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat berkebutuhan khusus yang sedang menjalani pelayanan di kantor PN. Sehingga masyarakat dapat dengan nyaman mendapatkan pelayanan.

“Bila ada masyarakat kebutuhan khusus datang dan menjalani sidang di PN bisa terpenuhi, karena ada petugas yang memberikan penjelasan,” terangnya kepada Radar Depok, Minggu (29/8).

Dia menekankan, kerjasama ini bertujuan untuk penyediaan layanan bagi penyandang disabilitas berupa pendampingan, pelatihan dan juru bahasa isyarat. Diharapkan dengan kegiatan kerjasama ini Pengadilan Negeri Depok dapat memberikan layanan prima bagi masyarakat khususnya penyandang disabilitas.

“Insha Allah semakin baik lagi pelayanan kami, dengan kerjasama dengan berbagai pihak,” kata Fadil.

Jika dalam Pengadilan, ada penyandang disabilitas yang harus diberikan perhatian, misalnya ada penyandang yang ikut sebagai saksi. Nantinya, akan dapat pendampingan dari petugas yang menguasai bahasa isyarat serta pendampingan lainnya.

Ke depan, kata Fadil, akan ada petugas PN yang akan dilatih untuk belajar bahasa isyarat, untuk dapat memberi pendampingan kepada yang berkebutuhan khusus. Sebab masyarakat berkebutuhan khusus juga wajib mendapat pelayanan maksimal.

“Pasti akan ada pelatihan, bagaimana belajar bahasa isyarat, biar saudara kita penyandang disabilitas dapat dilayani dengan baik. Kita terus tingkatkan,” tandasnya. (arn/rd)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Fahmi Akbar