posko gabungan polsek sawangan
PANTAU KEDISIPLINAN : Personel Polsek Sawangan, sedang berjaga di Pos Tiga Pilar Pasar Reni Jaya, untuk memantau protokol kesehatan masyarakat di sana. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Posko Tiga Pilar yang didirikan Polsek Sawangan di Pasar Reni Jaya, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, terus bekerja maksimal dalam mengatur kedisiplinan pengunjung dan pedagang di pasar tersebut dalam hal pelaksanaan protokol kesehatan (prokes).

Kapolsek Sawangan, AKP Muhammad Meltha Mubarak mengatakan, pos tiga pilar ini didirikan Polsek Sawangan sejak dimulainya program PPKM di Depok. Posko tersebut diisi personel gabungan untuk mengingatkan pengunjung dan pedagang terhadap prokes.

“Kita buat posko ini bersama aparatur pemerintah setempat. Jadi anggota kami tidak hanya standby di pos, tapi mereka juga berkeliling pasar dengan dengan pengeras suara untuk kengingatkan masyarakat terkait protokol kesehatan,” kata AKP Mubarak, Selasa (24/08). 

Dia menjelaskan, personelnya juga bertugas untuk menindak warga yang tidak menaati prokes. Akan tetapi, semua penindakan dilakukan dengan cara yang humanis. 

“Kalau ada warga yang kedapatan tidak pakai masker, kita beri teguran dan imbauan agar mematuhi protokol kesehatan dan memberikan warga tersebut masker,” bebernya. 

Untuk mendukung penegakkan protokol kesehatan di sana, lanjut AKP Mubarak, pihaknya selalu menyediakan stok masker di pos, untuk diberikan pada warga yang tidak memakai masker di pasar tersebut. 

“Setiap hari kami suplai 100 pcs masker, nanti kalau ada yang tidak pakai masker, anggota kami langsung memberikan masker pada yang bersangkutan, tentunya dengan memberikan sosialisasi terlebih dahulu,” imbuhnya. 

Dia menambahkan, kehadiran pos tersebut membawa dampak signifikan dalam hal penerapan protokol kesehatan. Sejak awal dibuka hingga saat ini, angka pelanggaran protokol kesehatan di pasar tersebut sudah jauh berkurang. 

“Pelanggaran sudah turun drastis. Paling hanya ada satu atau dua orang yang melanggar, itu juga alasanya maskernya jatuh, sehingga kami berikan masker yang baru,” pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya