beri vitamin A di beji
BERIKAN VITAMIN : Seorang balita sedang menerima Vitamin A yang disuapkan orang tuanya. INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

Sebanyak 1.054 balita Kedaung menjadi sasaran pemberian Vitamin A di bulan Agustus ini. Pemberian dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, UPTD Puskesmas Kedaung melaksanakan kegiatan pemberian vitamin A kepada balita di Posyandu Melati, RW08, Kelurahan Kedaung Kecamatan Sawangan. Ada puluhan balita yang sedang mengikutk pembetian vitamin ini.

Suasana agak meriah lantaran ada beberapa balita yang menangia tatkala hendak diberikan vitamin oleh orang tuanya.

Hal ini lumrah menurut Kepala UPTD Puskesmas Kedaung, Anugrah Sri Handayani. “Tidak apa-apa, itu reaksi ketakutan anak saja, setelah dikasih nanti mereka ceria lagi,” tuturnya.

Di sela kegiatan, Anugrah mengatakan, saat ini Vitamin A sudah diberikan kepada 727 balita dari 1.054 balita yang menjadi sasaran Puskesmas Kedaung. Ribuan balita tersebut terdiri dari usia 6-59 bulan.

“Di masa pandemi ini, vitamin A langsung diberikan oleh orang tua masing-masing dengan pengawasan tenaga kesehatan yang bertugas,” ujarnya.

Pemberian Vitamin A di bulan Agustus ini dilakukan di Posyandu. Jadwal pemberian Vitamin A dibuat per-RT dengan memperhatikan protokol kesehatan (Prokes).

“Jadwal dibuat sesuai kesepakatan dengan Posyandu. Pada pekan ini dilakukan setiap hari kecuali tanggal merah, dimulai dari 08:00 WIB hingga 13:00 WIB,” terangnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Pemberian Vitamin A, UPTD Puskesmas Kedaung, Maya Destorowati mengingatkan kepada orang tua agar datang sesuai jadwal yang sudah di berikan dengan memakai masker. Pada Posyandu, pihaknya mengingatkan untuk menyediakan tempat cuci tangan ataupun hand sanitizer dan pengukur suhu tubuh serta menyemprot alat timbangan dan pengukur panjang badan setelah digunakan.

“Bagi balita yg tidak hadir di Posyandu akan dilakukan sweeping oleh kader secara door to door,” tutupnya. (*)

Editor : Junior Williandro