RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bertepatan dengan tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah, Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Lutfiyah menyambangi Agus Sofian, tukang boneka yang kakinya mengidap tumor, di kediamannya yang beralamat di Kampung Sengon, Jalan Pindahan RT10/10 Kelurahan Pancoranmas, Kecamatan Pancoranmas, Selasa (10/8).

“Alhamdulillah, setelah mendapatkan informasi ada saudara kita, yakni Agus Sofian dengan kondisi kaki seperti itu tetap berjualan, terlebih di tengah pandemi. Sehingga, hati saya tergerak untuk menyambangi beliau dan keluarga, dan melihat kondisi Pak Agus,” kata Qonita Luftiyah kepada Radar Depok.

Tidak hanya ingin mengetahui kondisi Agus Sofian, Qonita Lutfiyah yang juga Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok juga memberikan bantuan bagi keluarga Agsu Sofian. Bahkan, sampai memborong ratusan boneka stok jualan bapak dua anak ini.

“Saya menghargai jerih payah dan usaha beliau, dengan kondisi yang dialami tetap semangat untuk berdagang boneka. Saya pun memberikan semangat  dan motivasi (Memberikan bantuan dan memborong boneka. Red) agar Pak Agus terus berjuang dengan keterbatasan yang ada,” ujar Qonita Luftiyah.

Putri ulama karismatik K.H Syukron Mamun ini menegaskan bahwa sebagai sesama makhluk Allah SWT, sudah menjadi kewajiban untuk saling membantu, terlebih terhadap mereka yang benar-benar membutuhkan uluran tangan.

“Harus saling membantu di kondisi seperti ini (Pandemi Covid-19. Red). Seperti sabda  Nabi Muhammad SAW, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain,” ucap Qonita Lutfiyah.

Qonita Lutfiyah pun mengaku bahwa apa yang ditunjukan  Agus Sofian menjadi pelajaran hidup bagi dirinya dan diharapkan dapat memotivasi orang lain, agar terus semangat dan berjuang dengan kondisi apapun demi menafkahi keluarga dari jalan yang halal dan  diridhoi Allah SWT.

“Harus menjadi contoh bagi orang lain. Semangat dan usaha dari Pak Agus begitu luar biasa, itu membuat saya salut,” pungkas Qonita.

Sementara, Agus Sofian mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Qonita Lutfiyah. Dia pun tidak menyangka, saat diminta Tim Youtube Radar Depok untuk diwawancara akan membawa dirinya dapat bertemu orang baik seperti Qonita Lutfiyah.

“Saya hanya memotivasi dan menginspirasi orang lain agar tetap semangat mencari nafkah,” kata Agus.

Agus mengungkapkan, dirinya merantau dari Padang ke Depok sejak 2012, saat itu ia bekerja sebagai teknisi di toko servis handphone dan televisi milik temannya. Namun, saat pandemi Covid-19, toko di tutup karena sepi dan dia pun kehilangan pekerjaan.

“Mau pulang kampung, tapi belum ada biaya untuk bawa keluarga. Jadi coba bertahan di sini. Kebetulan teman ada yang menawarkan dan memberikan modal untuk berjualan boneka,” katanya.

Diakui Agus, selama pandemi dia bisa menjual hingga 20 lebih boneka. Namun, ketika pemerintah memberlakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) omsetnya menurun,

“Tapi saya menganggap itu rejeki saya yang diberikan Allah SWT. Apapun kondisinya, sebagai kepala keluarga saya harus tanggung jawab menafkahi keluarga,” ucap Agus.

Selain menyambangi dan membantu Agus Sofian, Qonita Luftiyah juga mendatangi rumah Aditya Saputri warga RT1/6 Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Aditya pengendara Ojol yang sempat viral lantaran tidak dapat order selama dua hari dan mendorong motornya akibat ban bocor.

Masih di lingkungan yang sama, Qonita Lutfiyah pun membantu Ginting, yang juga berprofesi sebagai pengendara Ojol. Namun, kondisinya kurang beruntung lantaran tiap bulan dirinya harus cuci darah tiap bulan, sementara istrinya juga sakit. (cky)

 

Editor : Ricky Juliansyah