vaksinasi pangkalanjati
SAKSIKAN : Camat Cinere Mangnguluang Mansur bersama Lurah Pangkalanjati Tarmuji sedang melihat penyuntikan vaksin di asrama yatim Fatahillah Kelurahan Pangkalanjati, Rabu (25/8). FAHMI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANGKALANJATI – Setelah di Kelurahan Pangkalanjati Baru. Kemarin (25/8), giliran Kelurahan Pangkalanjati Kecamatan Cinere yang jadi sasaran vaksinasi. Program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok yang dilaksanakan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cinere ini memberikan 500 kuota vaksin. Ratusan warga yang datang langsung didata di sekretariat asrama yatim Fatahillah Pangkalanjati, guna mengikuti proses vaksinasi.

Lurah Pangkalanjati, Tarmuji mengatakan, 500 warga terakomodir pada pelaksanaan vaksinasi program Dinkes Kota Depok. Artinya, hal ini menambah jumlah warga Pangkalanjati yang telah mendapat pelayanan vaksin dari Pemerintah, Polri dan TNI.

“Sebelumnya sudah beberapa kali dilaksanakan vaksin melalui program Gerai Vaksinasi Presisi yang dimotori jajaran Polri dan TNI. Dan sampai saat ini sudah ribuan warga kami yang telah mendapat pelayanan vaksin,” ujar Tarmuji kepada Harian Radar Depok.

Meskipun sudah cukup banyak warga yang telah divaksin, namun tidak sedikit pula warga yang belum mendapat pelayanan vaksin. Hal ini, lanjut dia dapat dilihat saat pelaksanaan vaksin di sekretariat asrama yatim Fatahillah. Masih banyak warga yang pulang tanpa divaksin lantaran kuota telah habis.

“Saya mendapat laporan banyak warga yang enggak kebagian jatah vaksin, karena kuotanya sebanyak 500 orang sudah habis. Ini menunjukkan betapa tingginya antusias warga untuk mendapat layanan vaksinasi,” imbuhnya.

Menanggapi hal ini, salah satu pegawai Puskesmas Cinere, Parminto mengatakan, bagi warga Pangkalanjati yang belum mendapat pelayanan vaksin di sekretariat yayasan yatim Fatahillah,. Dapat mengikuti kegiatan vaksin di wilayah Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere yang rencana nya bakal digelar Kamis (26/8).

Bagi yang belum mendapat vaksin hari ini (kemarin) bisa bergabung dengan warga Gandul besok (hari ini),” ujar Reno sapaan akrab Parminto.

Sementara itu, Camat Cinere, Mangnguluang Mansur menyambut baik teknis pengaturan pelaksanaan vaksin oleh panitia pelaksana. Menurutnya sangat tertib dan tidak memicu kerumunan meskipun jumlah warga yang hadir sangat banyak.

“Saya lihat ada semacam pengaturan posisi bagi warga yang akan divaksin, ini teknis sangat bagus sehingga tidak menyebabkan kerumunan,” kata camat.

Pelaksanaan vaksin untuk warga Pangkalanjati merupakan aksi kedua program vaksin Dinkes yang dilaksanakan Puskesmas Cinere. Dan selanjutnya kegiatan vaksin akan dilaksanakan diwilayah Kelurahan Gandul.

“Kami ingin dalam setiap pelaksanaan kegiatan vaksinasi tidak ada kerumunan, dan panitia dapat mengkondisikan warga agar tetap tertib dan menerapkan protokol kesehatan saat berada dilokasi tempat pelaksanaan vaksin,” tegas Agung.

Saat ditanya progres penyebaran wabah Korona di wilayah Kecamatan Cinere, camat mengatakan dalam setiap hari terjadi penurunan jumlah warga terpapar. Itu artinya, kata dia jumlah warga terpapar covid 19 semakin sedikit.

“Alhamdulillah jumlah warga terpapar covid terus menurun, ini berdasarkan data yang kami dapatkan dari para petugas KSC dan KSTJ ditingkat RW dan kelurahan, tapi meski begitu kita tidak boleh lengah dan tetap disiplin menerapkan prokes dan mentaati ketentuan dalam kebijakan PPKM” tutupnya. (rd/hmi)