tumpeng kemerdekaan curug
KREATIF : Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, beserta Anggota Dewan Fraksi PKS, Ade Supriatna dan jajaran Aparatur Cimanggis, menghadiri tasyakuran Hut RI di RW 2 Kelurahan Curug, dengan adanya tumpeng berukuran 2,7 meter, Sabtu malam (21/08).

RADARDEPOK.COM, CURUG – Dalam rangka syukuran memperingati HUT ke-76 RI, RW 2 Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis memiliki cara unik,yaitu dengan membuat nasi tumpeng dengan tinggi 2,7 meter.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu malam (21/08) ini, dihadiri oleh Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono, Anggota Dewan Fraksi PKS, Ade Supriatna, Sekretaris Kecamatan Cimanggis, Abdul Mutolib, serta Lurah Curug, Bambang Eko.

Sekretaris Kecamatan Cimanggis, Abdul Mutolib menyebut bahwa ini merupakan bagian ekspresi dan kreativitas warga dalam memperingati HUT ke-76 RI yang harus diapresiasi di masa Pandemi Covid-19.

“Lebih-lebih pembuatan tumpeng yang cukup fenomenal ini dikerjakan oleh warga secara gotong royong, dengan simbol-simbol atau filosopi yang penuh makna,” jelasnya.

Ketua RW 2 Curug, Muhamad Mawi menyebut, tumpeng yang dibuat pun tak sembarangan, tetapi memiliki filosofi yang mendalam.

“Karena tinggi 2,7 menandakan tanggal lahir Kota Depok, 17 ekor ayam menandakan tanggal kemerdekaan RI, 8 kg buah menandakan bulan Agustus, 45 liter beras yang digunakan melambangkan tahun kemerdekaan, dan 76 butur telur memiliki simbol HUT RI,” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (22/08).

Tasyakuran dan doa bersama yang dilaksanakan secara sederhana ini diharapkan, bisa membangkitkan semangat masyarakat walaupun masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Tentu kami berharap, agar rasa kebersamaan, gotong royong dan kepedulian warga untuk membangun wilayah serta melestarikan nilai budaya sebagai kearifan lokal,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya