kepsek muahmmdiyah 3
Kepala SD Muhammadiyah 3 Lia Fitriani

RADARDEPOK.COM – Karakteristik menjadi salah satu penilaian yang dilakukan SD Muhammadiyah 3 Pondok Cina yang berlokasi di Jalan Furqon, Pondok Cina, Kecamatan Beji. Karena, didalamnya terkandung sifat kejujuran salah satunya adalah, siswa  bisa mengumpulkan tugas yang telah diberikan guru.

“Semua siswa ditanamkan nilai kejujuran. Mereka diberikan tugas, kerjakan sendiri, orang tua tidak boleh turut serta. Kalau anak jujur, mereka akan berfikir, guru akan mengetahui jika tugas mereka, di kerjakan orang tua,” ujar Kepala SD Muhammadiyah 3 Pondok Cina, Lia Fitriani kepada Radar Depok, Selasa (17/08).

Selanjutnya Lia, menyampaikan kepada siswa agar mengerjakan tugasnya sendiri. Pada saat zoom, ada siswa yang tugasnya dikerjakan oleh orang tua. Dia melihat langsung, dan menegur siswa dengan halus, agar jangan di ulangi. Memberikan efek jera dengan teguran. Karena masih pandemi, semua terkontrol hanya melalui virtual saja. Dan di harapkan orang tua dirumah hanya membimbing anaknya bersekolah, bukan ikut serta mengerjakan tugas anak. “Biarkan mereka mandiri dengan tanggung jawab yang sudah diberikan oleh guru,” terangnya.

SD Muhammadiyah memiliki dua siswa anak berkebutuhan khusu (ABK). Siswa yang memiliki bimbingan khusus wajib datang kesekolah seminggu tiga kali, guna mengajarkannya lebih intens. Karena siswa yang memiliki keterbatasan harus mendalami pelajaran tersendiri. “Khusus ABK datang kesekolah, untuk membentuk karakteristik masing-masing,” pungkas Lia (mg1/rd)

Jurnalis : Desca Putri Ali 

Editor : Fahmi Akbar