SDN Tugu 4 Depok
VIRTUAL: Siswa SDN Tugu 4 sedang belajar Matematika dan Tematik secara virtual, bersama Guru Matematika, Tedi Juanda. FOTO: PUTRI DESCA ALI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SDN Tugu 4 di Jalan Menpor Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis di tahun ajaran baru ini melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Di antaranya menyampaikan pelajaran Matematika secara tematik, menggunakan aplikasi Zoom. Hal itu disampaikan Guru Matematika, Tedi Juanda.

Tedi mengatakan, tematik merupakan cara mudah agar siswa mengerti apa yang diajarkan guru. Kemudian setiap pertemuan siswa diberi tugas, supaya siswa lebih memahami apa yang sudah diterangkan.

“Walaupun zoom, saya tetap menulis di papan tulis, lalu menjelaskan cara dengan singkat, atau saya buat catatan dari rumah. Kemudian saya jelaskan kembali ke siswa. Di akhir saya berikan tugas untuk melatih apa yang sudah dijelaskan,” terang Tedi kepada Radar Depok.

Meski begitu, terkadang ada kendala yang dihadapi. Karena dimasa pandemi yang belajar jarak jauh, siswa tidak bisa melihat jelas apa yang ditulis di papan tulis. Kendala lainnya internet yang kurang stabil, dan mengakibatkan suara terputus-putus.

“Jika siswa ksulitan memahami rumus yang sudah dijelaskan, biasanya akan dibuat secara singkat saja penjelasannya. Namun bila masih ada siswa yang kurang paham, saya selalu persilakan bertanya,” tuturnya.

Metode zoom meet di SDN Tugu 4 dilakukan seminggu dua atau tiga kali, proses pembelajaran ini sudah di dukung oleh kuota internet dari pemerintah. Pihak sekolah saat ini sudah mengajukan kuota gratis kepada dinas, untuk keberlangsungan proses ngajar-mengajar. (rd/mg1)

 

Jurnalis: Putri Desca Ali

Editor: M. Agung HR