RADARDEPOK.COM, SOLO—Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyempatkan diri bersilaturahim dengan keluarga Keraton Kasunanan, di sela kunjungan kerjanya di Solo, Sabtu (14/8/2021). Airlangga ditemui langsung keluarga Keraton Kasunanan.

Salah seorang kerabat Keraton, Raden Mas Kus Rahardjo menuturkan, kedatangan Airlangga ke Keraton Kasunanan bukan hal yang aneh atau berlebihan. Ia mengaku, kunjungan Airlangga ke Keraton Solo adalah hal lumrah. Sebab, Airlangga masih memiliki hubungan erat dengan keluarga Keraton Kasunanan.

“Pendahulu Beliau (Airlangga) memiliki hubungan erat dengan keraton. Jadi Beliau seperti keluarga sendiri,” tutur Kus Rahardjo usai perjamuan keluarga Kasunanan dengan Airlangga, Sabtu sore.

Airlangga menyempatkan diri melihat situasi Keraton Kasunanan di Talang Paten. Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengenakan batik coklat lengkap dengan blangkon dan samir saat menikmati suasana Keraton.

Airlangga juga terlihat menikmati keindahan batik tulis di Keraton Kasunanan. Airlangga mengaku kedatangannya ke Keraton Kasunanan hanya silaturahim biasa. Ia mengaku bertemu dengan keluarga Keraton.

“Ini agenda silaturahmi bersama sinuhun dan keluarga. Membahas mengenai situasi kekeluargaan saja. Selain itu, tadi juga melihat situasi di keraton,” ujar Airlangga.

Diketahui, Airlangga masih memiliki keturunan Kiai Ageng Gribig yang dimakamkan di Jatinom, Klaten. Kiai Ageng Gribig sendiri diyakini masih merupakan keturunan Raja Brawijaya V. Ada andil Keraton Kasunanan Surakarta dalam pembangunan makam Kiai Ageng Gribig. Yakni, cungkup utama makam Kiai Ageng Gribig adalah pemberian Raja Keraton Kasunanan Paku Buwono X, pada 1908.

Sebelum bersilaturahim dengan keluarga Keraton, Airlangga juga menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di kediaman Rumah Dinas Wali Kota Solo.

Airlangga mengaku pertemuannya dengan Gibran membahas situasi terkini pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Solo.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan, bersama putra Presiden Joko Widodo tersebut akan berusaha memulihkan pandemi Covid-19 di Solo.

“Harapannya Solo bisa menyeimbangkan gas dan rem ditengah PPKM untuk pemulihan ekonomi. Alhamdulillah Kota Solo saat ini sudah mulaii landai,” tegas Airlangga. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya