media belajar
PENJELASAN: Suasana ruangan Guru, wakil Kesiswaan Farida Santi, merubah kebiasaan siswa SD yang menggunakan media wa, ke classroom dan google meet. FOTO : PUTRI DESCA ALI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Tahun ini SMP Putra Bangsa di Jalan.Kedondong No51, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji Kota Depok, melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Siswa yang baru masuk diajarkan membiasakan menggunakan clasroom, googlefoam dan zoom proses belajar. Pengajar yang di lakukan guru dengan siswa, menggunakan zoom satu bulan sekali.

Wakil Kesiswaan SMP Putra Bangsa, Farida Santi menjelaskan, guna menghemat kuota yang dimiliki siswa, kuota gratis dibagikan pemerintah bahkan provider XL. Hal ini, meringankan biaya orang tua membelikan kuota internet, karena tidak semua mampu beli. Pihak sekolah tidak membebankan siswa dengan zoom setiap hari, hal ini sudah disepakati orang tua.

Menurutnya, bagi orang tua yang meminta zoom satu minggu sekali, agar anak terlihat aktif. Bisa menghubungi wali kelas, bisa di buatkan google meet, tetapi ini bagi siswa yang mau saja, satu minggu sekali.

“Pengajaran yang di berikan guru, menggunakan tutorial, bagi siswa yang masih kurang paham dengan pelajaran tersebut, bisa WA guru pelajaran,” ucap Farida kepada Harian Radar Depok, Rabu (5/8).

SMP Putra Bangsa memiliki dua kelas, yaitu reguler dan desain grafis, tahfiz. Kelas ini diperuntukan anak yang ingin mendalami ilmu desain dan tahfiz. Kelas tersebut memiliki guru tersendiri di bidangnya dan pelajarannya beda dengan reguler. Reguler sama dengan sekolah pada umumnya sedangkan desain dan tahfiz memiliki tambahan pelajaran dan jam sekolah lebih lama. Total kelas VII ada empat rombongan belajar (Rombol).

“Semua tergantung anak, mau memilih kelas apa pada awal pendaftaran, karena itu semua dari kemauan bukan paksaan,” pungkas Farida.(mg1/rd)

Jurnalis : Putri Desca Ali

Editor : Fahmi Akbar