IHT di SMPN 20 Depok
`MATERI : Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin sedang menyamaikan sambutannya dalam kegiatan IHT yang diadakan SMPN 20 Depok. FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
yamaha-nmax

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SMPN 20 Depok mengadakan In House Training (IHT). Dimana, dalam kegiatan yang diadakan dari 16 – 19 Agustus 2021 tersebut, dilangsungkan secara virtual selama tiga hari dan di hari penutupan diadakan secara tatap muka.

Kepala SMPN 20 Depok, Sumarno mengatakan, pembahasan utama dalam IHT tersebut, yakni pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran daring. Karena, sampai saat ini untuk pembelajaran tatap muka masih tidak diperbolehkan, berkaitan dengan pandemi virus Korona (Covid-19).

“Sebenarnya kegiatan IHT ini sudah direncanakan di awal bulan Juli 2021, tetapi karena pandemi, maka kegiatannya ditunda,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sumarno menjelaskan, teknologi menjadi kunci utama dalam pembelajaran daring. Jadi, selain hanya bisa memanfaatkannya, tetapi juga bisa mengembangkannya untuk memberikan materi pembelajaran ke siswa. Sehingga, sekolah tetap bisa memberikan pelayanan pendidikan secara maksimal.

Baca Juga  4 Guru Dihadiahi SK Infassing

“Jadi, di IHT ini dibahas juga apa yang menjadi kekurangan selama melaksanakan pembelajaan daring. Sehingga di tahun ajaran berikutnya, bisa meminimalisir adanya materi yang disampaikan tidak secara maksimal,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Mohammad Thamrin yang hadir dalam kegiatan IHT SMPN 20 Depok tersebut mengatakan, tugas-tugas yang diberikan selama pembelajaran daring tidak hanya tugas akademik saja, karena ada banyak yang menjadi penilaian untuk siswa. Salah satunya adalah tentang hubungan emosional guru dengan siswa.

“Hubungan emosional guru dengan siswa itu sangat penting sekali. Ini bagian dari pendidikan karakter. Jadi, guru tidak hanya berfikir tugas apa yang diberikan untuk siswa, tetapi interaksi kedekatannya yang harus dibangun,” jelasnya. (rd)

Baca Juga  Futsal Putri SMPN 11 Depok Mulai Berkiprah

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya