SMPN 5 Depok kolaborasi
KOLABORASI : SMPN 5 Depok kerjasama dengan warga RT4/2, Kelurahan Beji Timur mengadakan Jumat Bersih (Jumsih). FOTO : ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SMPN 5 Depok berkolaborasi dengan warga RT4/2, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji mengadakan Jumat Bersih (Jumsih), Jumat (27/08). Tidak hanya itu saja, tetapi ada juga aksi lainnya, yakni satu hari tanpa kendaraan bermotor.

Kepala SMPN 5 Depok, Ety Kuswandarini mengatakan, tentunya ini adalah sebuah kolaborasi yang baik dengan lingkungan sekitar. Dimana, SMPN 5 Depok untuk bisa meraih Adiwiyata Nasional, tidak hanya peran dari internal sekolah saja, tetapi ada juga peran dari eksternal sekolah, yakni warga.

“Kami kerjabaktinya mulai dari lingkungan sekitar sekolah, seperti akses ke sekolah. Setelah itu, diadakan juga kerjabakti untuk internal sekolah, yakni membersihkan ruang kelas menjelang rencana penerapan pembelajaran tatap muka,” ucapnya kepada Radar Depok.

Ety menjelaskan, sedangkan untuk guru yang tidak membawa motor, ada yang membawa sepeda. Lalu, guru yang rumahnya jauh dari lokasi SMPN 5 Depok diharapkan menggunakan kendaraan umum.

“Kegiatan Jumsih dan juga aksi satu hari tanpa kendaraan bermotor adalah bagian dari rangkaian kegiatan di momen HUT ke-67 Kemerdekaan Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT 4/2, Kelurahan Beji Timur, Samsuri menuturkan, warga tentunya harus bahu membahu untuk lingkungan yang lebih baik, dan didalamnya ada SMPN 5 Depok. Jadi, untuk menjadikan lingkungan lebih baik lagi, harus ada kolaborasi yang apik dengan pihak sekolah. Tidak hanya kerjabakti untuk kebersihan lingkungan saja, tetapi ada juga untuk kegiatan sosial lainnya.

“Banyak hal yang dilakukan bersama dengan SMPN 5 Depok. Misalkan santunan dan bantuan untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). Semoga, sekolah dan warga terus bisa berkolaborasi untuk sesuatu yang berguna untuk orang banyak,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya