Kunjungan DPRD ke SMPN 27 Depok
KUNJUNGAN: Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi PKS, Sri Utami ketika mengunjungi SMPN 27 Kota Depok di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Senin (2/8). Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin. FOTO: IST FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Anggota DPRD Kota Depok dari Fraksi PKS, Sri Utami meninjau SMP 27 Kota Depok di Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, Senin (2/8). Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin, dan Kepala SMPN 27 Depok, Agus Purnomo.

SMPN 27 Depok merupakan SMP baru dari tujuh sekolah yang didirikan oleh Pemkot Depok pada tahun ini, berlokasi di eks SDN Pasir 3 Kelurahan Pasir Gunung Selatan.

Sri Utami menyebutkan, keberadaan SMPN 27 Depok ini menjadi sebuah kesyukuran tersendiri, karena memiliki story. Pada tahun 2014, ketika Sri Utami jadi Caleg setiap kali turun menemui masyarakat itu selalu yang ditanyakan adalah keberadaan SMPN.

“Harapan masyarakat ketika itu adalah agar di PGS ini ada SMPN. Ini wajar, karena di wilayah ini ada empat SDN, yaitu SDN Pasir 1, SDN Pasir 3, SDN Tugu 1, dan SDN Kalisari 2,” ucap Sri yang juga sebagai Ketua Fraksi PKS.

Sehingga dengan keberadaan empat SDN itu tidak ada satu SMPN pun menyulitkan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya. Sementara selama ini masyarakat mengandalkan anaknya untuk bersekolah ke DKI. Tetapi dengan sistem PPDB /zonasi, DKI punya kebijakan pendidikan ini menjadi semakin menyulitkan bagi warga luar DKI. Makanya ketika kunjungan reses atau masyarakat seringkali yang ditanya adalah SMPN.

“Alhamdulillah berkat komunikasi yang intens dengan Kepala Dinas Pendidikan, juga bertepatan pula dengan janji Walikota Depok untuk keberadaan satu SMP atau MTS di kecamatan, tahun ini bisa terealisasi, berdirinya SMPN 27,” tutur Sri kepada Radar Depok.

Kemudian tahun ini sudah mulai dibuka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Ada lima kelas, masing-masing 30, jadi 150 siswa yang belajar melalui sistem dalam jaringan (Daring). Sri berharap, ke depannya sekolah ini bisa dibangun.

“Karena wilayah di sini termasuk langganan banjir, nanti ke depan mudah-mudahan bisa ditinggikan dan dibangun ke atas, itu yang diharapkan. Semoga di tahun 2023 APBD Depok sudah stabil, pandemi berakhir sehingga siswa bisa belajar secara offline dengan nyaman,” terangnya.

Hal itu pula yang diaminkan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Mohammad Thamrin, dan Kepala SMPN 27, Agus Purnomo. Sri menegaskan, ini merupakan wujud bukti nyata Pemkot Depok bersama Anggota DPRD Kota Depok didalam  memenuhi atau menunaikan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya menyediakan fasilitas SMPN bagi para siswa.

“Jadi siswa bisa belajar dengan tenang, dan semoga lahir dari SMP ini generasi yang menjadi kebanggaan dan mengharumkan nama bangsa,” tutup Sri. (rd/gun)

 

Jurnalis/Editor: M. Agung HR