Cosplay Boks 3 Habis Gilang
GAGAH: Anggota Satlantas Polres Metro Depok berfoto bersama Gilang Ramadan yang tengah mengenakan kostum Satria Baja Hitam, di Jalan Raya Margonda, Selasa (17/8). DAFFA SYAIFULLAH/RADAR DEPOK

Gilang Ramadan, Cosplayer Super Hero Asal Depok (3-Habis)

RADARDEPOK.COM, Siapa sangka, pandemi Covid-19 juga berdampak kepada penghasilan sampingan Gilang Ramadan sebagai Cosplayer. Biasanya, atau sebelum pandemi dari satu acara bisa mengantongi ratusan ribu, kini dia lebih memilih kerja sosial secara sukarela.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

Kala itu, Gilang mengendarai sepeda motornya melintasi Jalan Raya Bogor. Tepat di lampu merah persimpangan Juanda beberapa pemuda tengah meminta sumbangan. Berawal dari kepedulian, Gilang turun dari kuda besinya, kemudian membantu.

“Saya di masa pandemi pendapatan sampingan menurun. Kalau misalnya di jalan raya ada yang minta sumbangan pakai spanduk, ya saya bantu pakai kostum super hero tanpa minta imbalan sepeserpun,” ucap Gilang.

Usai membantu, dia melanjutkan perjalanan kembali. Tiba-tiba, ada sebuah motor di depannya dinaiki dua orang melaju dengan kecepatan yang sama. Satu orang yang diboncengi terlihat merekam Gilang, saat itu dirinya mengenakan suit bermotif belalang, yaitu Kamen Rider Black RX atau Satria Baja Hitam RX.

Begitu sampai di rumah, betapa kagetnya Gilang dengan sebuah postingan video di grup Facebook Info Depok. Kemudian menjadi viral di media sosial, dan mendapatkan ratusan like, komen, dan share.

“Gak nyangka jadi viral. Saya juga gak kenal siapa yang videoin. Mungkin karena unik, ditambah pada motor saya ada stiker info depok dan Sahabat Tim Jaguar (STJ),” bebernya.

Pria kelahiran 1988 ini juga sebetulnya merupakan anggota Komunitas STJ. Pada kesempatan lain, Gilang turut ambil bagian menjaga pos penyekatan PPKM Darurat di Jalan Raya Margonda menuju UI.

“Waktu itu ikut menjaga bareng kawan-kawan Komunitas STJ, Tim Jaguar Polres, dan lainnya. Kebetulan saya pakai kostum satria baja hitam, langsung diapresiasi keunikan saya sama Kepala Tim Jaguar, Iptu Winam Agus. Kalau gak pakai, malah ditanya sama beliau,” tuturnya.

Ada satu kejadian yang tidak terlupakan. Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestro Depok memang turut mengajak para pengendara untuk khidmat sejenak mendengarkan lagu Indonesia Raya. Dengan durasi tiga menit, jalanan ditutup sementara.

Gilang, yang memang tengah memakai kostum langsung memarkirkan motornya di trotoar, dan ikut bergabung bersama polisi. Belasan kamera tengah mengambil momen upacara di jalanan itu langsung tertuju kepadanya.

“Sejumlah wartawan langsung ngarahin kameranya ke saya. Banyak media nasional di situ, sedikit gugup sih. Bahkan ada yang mengarahkan saya untuk difoto di trotoar sambil menggenggam sang saka merah putih,” tandasnya. (rd/daf)

 

Jurnalis: Daffa Syaifullah

Editor: M. Agung HR