PJN
SOSIALISASI : Tim dosen PNJ adakan sosialisasi diversifikasi produk UMKM secara door to door kepada masyarakat, di RT 4/4 Jatisampurna, Kota Bekasi. ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Tim dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melakukan sosialisasi diversifikasi produk UMKM di RT 4/14 Jatisampurna, Kota Bekasi. Melului kegiatan ini, diharapkan masyarakat mampu mengembangkan usaha di tengah pandemi seperti saat ini.

Kegiatan diketuai oleh Nunung Martina, Wakil Direktur Bidang Akademik PNJ. Selain itu, dia juga salah satu dosen pengampu mata kuliah kewirausahaan dan juga pengelola usaha Batik (Numarta Batik), Warung Tegal (Warteg Barokah), Refleksi (Gempi Reflexology), dan Resto and Café (Ambyar Café).

Dia juga menulis buku yang berkaitan dengan kewirausahaan, yakni buku Etika Profesi dan Kewirausahaan dan buku yang disusun dengan tim pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Strategi Kewirausahaan : Diversifikasi Produk UMKM.

“Dengan diadakannya sosialisasi diversifikasi produk UMKM pada masa pandemi ini, kami berharap masyarakat mampu bertahan dengan adanya usaha kecil skala rumah. Sehingga kami mengadakan pelatihan diversifikasi produk dengan tujuan agar produk yang mereka pasarkan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi, dan masyarakat tetap bisabertahan,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tim pengabdian kepada masyarakat ini, terdiri dari dosen-dosen PNJ dan juga mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil PNJ. Sebelumnya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan secara offline dengan mengumpulkan dan memberikan penyuluhan secara langsung di lingkungan Jatisampurna Kota Bekasi.

“Namun, hal itu harus diurungkan lantaran adanya PPKM di Jabodetabek sehingga untuk menghindari kerumunan dan mencegah penyebaran Covid 19, kami melakukan sosialisasi dengan cara door to door,” jelasnya.

Artinya, perwakilan tim pengabdian mendatangi setiap rumah-rumah warga untuk memberikan penyuluhan dan membimbing warga pemilik UMKM untuk mempraktikkan materi yang dijelaskan. (tul/rd)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah 

Editor : Fahmi Akbar