vaksin 500 orang
SEHAT: Komandan Lantamal 3 Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Umar Fauroq saat memantau pelaksanaan Serbuan Vaksin Massal di Pangkalan Jati Golf, Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, Rabu (4/8). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – TNI Angkatan Laut AL) Lantamal III/Jakarta telah berhasil memberikan vaksinasi Covid-19 kepada 500 ribu orang melalui serbuan vaksinasi massal se-Indonesia. Sementara Rabu (4/8), dilaksanakan di Pangkalanjati Golf, Kelurahan Pangkalanjati, Kecamatan Cinere, ditargetkan 1.200 warga dapat menerima vaksin.

Komandan Lantamal 3 Jakarta, Brigjen TNI (Mar), Umar Fauroq menyebut, agenda serbuan vaksinasi secara massal ini merupakan tahap kedua. Antusiasme masyarakat sangat baik dalam upaya membentuk herd immunity dari paparan virus Korona (Covid-19). “Tahapan vaksin pertama setelah 28 hari ini kita menyelenggarakan vaksin kedua. Dengan vaksin yang digunakan jenis Sinovac,” terangnya kepada Harian Radar Depok, Rabu (4/8).

Fauroq menambahkan, sampai dengan siang hari ini (Kemarin), sebanyak 925 orang sudah diberikan vaksin Covid-19. Kerja cerdas dan kerja cepat dari para petugas juga turut diapresiasi. “Dari pencapaian 925 orang yang sudah divaksin sampai siang ini ditunjang begitu cepat dari vaksinator dan adiministator juga sama yang dilakukan di daerah Banten dan Sumedang wilayah kita,” tuturnya.

Diketahui, serbuan vaksinasi massal yang digelar sejak 23 Juni sampai dengan saat ini, telah sukses memberikan vaksin kepada 500 ribu masyarakat se-Indonesia. Hal ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap perintah Presiden RI yang menargetkan 1 juta vaksin per harinya.

“Kami tetap berupaya maksimal dalam pencapaian target pemerintah yaitu satu juta vaksin sehari. Sasaran kami di lingkungan maritim seperti wilayah pelabuhan, penumpang perikanan, desa nelayan terpecil, kepulauan seribu, sampai provinsi Lampung. Serta memberikanĀ kemudahan bagi sarana transportasi Laut,” bebernya.

Pelaksanaan vaksinasi ini tak lepas dari sinergitas tenaga kesehatan Armada 1, Pushidrosal, dan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes).

“Total ada sekitar 30 nakes. Pesan saya kepada masyarakat untuk tidak takut divaksin. Vaksinasi ini halal, dan aman,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Pengelola Padang Golf Pangkalan Jati, Laksamana Pertama TNI Taufik Arief menjelaskan selain untuk masyarakat. Serbuan vaksinasi massal ini turut menyasar para pegawai serta keluarga Padang Golf Pangkalan Jati (PGPJ).

“Seluruh karyawan PGPJ kami termasuk keluarga, serta warga yang ada di sekitar lingkungan sudah divaksin 2 menggunakan sinovac. Sehingga diharapkan dalam menjaga Herd Immunity dapat lebih baik dalam memutus mata rantai penularan Covid-19,” ungkapnya

Mengingat pandemi ini belum usai, lanjut Taufiq, pihaknya terus berusaha menjaga kesehatan para cary, juga warga di sekitar lingkungan PGPJ.

“Masa pandemi Covid-19 ini kesehatan paling penting. Tidak hanya kesehatan bagi diri sendiri namun kesehatan bagi dunia juga,” lugasnya.

Menurutnya, sampai saat ini, total warga yang telah divaksin sebanyak 1.000 orang dari total targetĀ vaksin ada 1.200 orang. Bagi masyarakat yang belum dan mau divaksin, bisa mendaftarkan diri langsung ke Balai Kesehatan PGPJ.

“Bagi masyarakat yang masih ada yang mau divaksin kita buka setiap hari tinggal datang ke Balai Kesehatan PGPJ dengan menghubungi langsung rutin setiap hari baik warga luar Depok asal ber KTP bisa dilakukan vaksin pertama maupun kedua,” tandasnya. (daf/rd)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Fahmi Akbar