upacara kemerdekaan virtual
Ilustrasi

RADARDEPOK.COM – Pandemi virus Korona (Covid-19) yang masih berlangsung sampai saat ini, membuat pemerintah memutuskan untuk mengadakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia (RI) secara daring kembali.

Pertama kloter akan dibagi dalam sesi Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang bisa dihadiri sebanyak 17.845 peserta dan Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih juga dengan jumlah yang sama 17.845 peserta.

Jika ingin menjadi peserta dalam upacara virtual tersebut, maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu melalui laman Pandang Istana. Dengan syarat, peserta harus berusia minimal 6 tahun, sehat jasmani dan rohani, diperkenankan memakai pakaian adat.

Kemudian harus menerapkan protokol kesehatan di tempat masing-masing, tidak berada di keramaian, memakai masker dan menjaga jarak jika menggelar konferensi video secara bersama. Terakhir, pastikan perangkat kamera dan mikrofon bekerja dengan baik. Berikut proses pendaftarannya:

Cara Mendaftar Upacara Virtual HUT RI Ke-76

1. Buka laman https://pandang.istanapresiden.go.id/

2. Pilih daftar video conferance

3. Isi poin formulir pendaftaran sesuai identitas diri seperti nama lengkap, NIK, negara, nomor WhatsApp, email aktif dan lainnya.

4. Setelah mengisi data diri, kemudian peserta akan diminta mengunggah kartu identitas dan swafoto dengan memegang identitas diri.

5. Pilih rangkaian acara yang ingin dihadiri, seperti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi atau Upacara Penurunan Bendera. Lalu klik simpan.

6. Perlu dicatat, data yang didaftarkan sepeti nomer WhatsApp dan email harus yang masih aktif. Sebab nantinya, peserta akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran dan info selanjutnya menyoal rangkaian acara.

Rangkaian acara Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI:

1. Pukul 08.00 – 09.00 WIB: 17-an Live dari Istana

– Menyapa Peserta Upacara Virtual- Hiburan Musik Akustik- Kuis Berhadiah

2. Pukul 09.00 – 09.40 WIB: Acara Peringatan HUT Ke-76 RI

– Penampilan Kesenian- Hiburan Musik

3. Pukul 09.40 – 11.02 WIB: Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI

– Upacara Peringatan Ke-76 Detik-Detik Kemerdekaan Republik Indonesia

Rangkaian Upacara Penurunan Sang Saka Merah Putih

1. Pukul 14.30 – 15.30 WIB: 17-an Live dari Istana

– Menyapa Peserta Upacara Virtual- Hiburan Stand Up Comedy- Kuis Berhadiah

2. Pukul 15.30 – 16.50 WIB: Acara Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 RI

– Penampilan Kesenian- Hiburan Musik

3. Pukul 16.50 – 17.35 WIB: Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

– Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih

 

Editor : Pebri Mulya