puskesmas mampang gelar vaksin
SEHAT : Puskesmas Mampang melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada masyarakat. Berlangsung di beberapa sekolah di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas. ist

RADARDEPOK.COM, MAMPANG – Puskesmas Mampang melakukan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) kepada masyarakat. Berlangsung di beberapa sekolah di Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas.

“Sejak Senin hingga hari ini, kami melakukan giat PTM masyarakat di sekolah-sekolah,” ujar Kepala Puskesmas Mampang, Iva Nur Farida kepada Radar Depok, Rabu (11/9).

Iva menyebutkan, skrining ini meliputi pengukuran berat badan, pengukuran lingkar perut, pemeriksaan gula darah, dan pengukuran tekanan darah. Menyasar warga berusia 15 sampai 59 tahun.

“Bulan Agustus target kita ada 13 sekolah, terdiri dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/ Pondok pesantren,” ucapnya.

Menurutnya, tren Penyakit Tidak Menular (PTM) terus meningkat, tidak hanya pada lansia akan tetapi kelompok umur di bawah lansia juga sudah mulai banyak ditemukan, oleh karena itu dilakukan skrining lebih awal. “Kami melakukan skrining lebih awal khususnya untuk usia produktif,” tuturnya.

Dirinya memiliki rencana melaksanakan kegiatan ini secara rutin. Harapannya, masyarakat dapat mengetahui kondisi tubuh, sehingga bisa ditindaklanjuti bila memang butuh penanganan lanjutan.

“Pemeriksaan kesehatan itu perlu. Untuk menjaga-jaga,” pungkasnya. (rd/cr1)

Jurnalis : Ivanna Yustiani

Editor : Junior Williandro