simulasi SDN Anyelir 1
SIMULASI : Siswa kelas I SDN Anyelir 1 sedang mengikuti kegiatan simulasi PTM, Selasa (28/09).

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), SDN Anyelir 1 mengadakan simulasinya terlebih dahulu, Selasa (28/09).  Dimana, ada 14 siswa kelas I yang datang ke SDN yang berlokasi di Jalan Nusantara, Kecamatan Pancoranmas tersebut.

Kepala SDN Anyelir 1, Sri Suparni mengatakan,  pihaknya hanya menyertakan 14 siswa dalam simulasi PTM. Jadi, mensimulasikan aktivitas di dalam satu kelas. 

“14 siswa itu berarti 50 persen dari kapasitas siswa dalam satu rombel. Dimana, SDN Anyelir 1 tiap kelasnya berjumlah 28 siswa,” ucapnya kepada Radar Depok.

Sri menuturkan, meski yang disertakan dalam simulasi adalah siswa kelas I, semua tetap berlangsung kondusif. Siswanya tetap bisa mengikuti protokol kesehatan (prokes) dengan baik. Sebelumnya, siswa kelas I sempat dikhawatirkan akan sulit beradaptasi dengan lingkungan sekolah, karena mereka belum pernah belajar langsung di sekolah.

“Siswa kelas I, biasanya perlu proses untuk lepas dari kebiasaan didampingi orang tua, dan disimulasi ini siswanya terkendali semuanya,” jelasnya.

Sri menjelaskan, dengan dimulainya nanti PTM pada bulan Oktober 2021, tentu harus ada adaptasi baru lagi untuk seluruh siswa. Karena, mereka sudah dua tahun menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jadi, dalam pelaksanaan PTM harus ada kerjasama dengan orang tua, terutama dalam hal bekal siswa dalam menjalani prokes di sekolah.

“Orang tua setidaknya sudah menyiapkan apa yang siswa bawa, seperti hand sanitizer, masker cadangan, tempat minum sendiri, atau membawa tisu. Bahkan, orang tua juga diharapkan untuk tepat waktu saat antar atau jemput siswa,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya