kipas angin berdebu

RADARDEPOK.COM – Kipas angin menjadi salah satu alat elektronik yang cepat berdebu.. Karena kerjanya yang menghisap udara dari belakang dan dihembuskan lagi kedepan menjadi angin, sehingga debu pun ikut tersedot.

Karena banyak debu yang menempel di bagian dalam, untuk membersihkan kipas angin biasanya perlu dibongkar.

Hal ini tentu akan menyita waktu dan merepotkan, terutama jika kamu adalah orang yang sibuk.

Padahal, untuk membersihkan kipas angin tidak melulu harus dibongkar. Ada beberapa cara membersihkan kipas angin tanpa dibongkar yang bisa kamu lakukan.

Ada setidaknya ada 5 cara membersihkan kipas angin tanpa dibongkar, yakni sebagai berikut :

1. Bersihkan dengan blower

Jika kamu memiliki blower, kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan kipas angin milikmu. Caranya mudah, kamu cukup membawa kipas angin berdebu ke luar ruangan lalu tutupi dengan plastik hitam.

Kemudian gunakan blower untuk merontokkan debu dari baling-baling atau bagian terluar kipas angin.

Namun cara ini juga memiliki kekurangan yakni tidak akan berfungsi jika debu sudah terlalu tebal. Sebagai pengganti, kamu juga bisa menggunakan penyedot debu jika tidak memiliki blower.

2. Bersihkan dengan penyedot debu

Terakhir, kamu bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan alas atau bagian dalam kipas angin.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah membawa kipas angin ke tempat terbuka dan aman seperti teras. Kemudian, gunakan penyedot debu mulai bagian dalam dalam kipas.

3. Gunakan kompresor udara

Metode yang satu Ini adalah yang paling efektif dan populer untuk membersihkan kipas tanpa membongkarnya. Kamu bisa membersihkan kipas angin menggunakan kompresor udara.

Hanya untuk melakukan cara yang satu ini, kipas angin sebaiknya dibawa ke ruang terbuka seperti teras, garasi, atau basement.

Bawa juga kompresor udara dan colokkan kabel daya serta bersihkan kipas. Membersihkan kipas dengan metode ini dapat membersihkan kipas hampir 95%.

Sisa debu dapat dibersihkan dengan menggunakan tongkat yang dibungkus kain mikrofiber lembab untuk membersihkan bagian dalam baling-baling kipas.

4. Menggunakan pembersih

Cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar selanjutnya adalah dengan menggunakan pembersih.

Cara yang satu ini terbilang agal rumit. Pertama, kamu harus membawa kipas ke luar rumah dan kemudian meletakkannya di tanah.

Setelah itu, letakkan sesuatu di bagian mesin untuk menutupi motor kipas. Kamu bisa menggunakan plastik atau piring makan untuk menutupinya.

Selanjutnya gunakan pembersih yang mengandung natrium hipoklorit yang dikenal sebagai pemutih rumah tangga. Kemudian semprotkan pada kipas lalu rendam selama beberapa menit di bawah sinar matahari.

Setelah benar-benar kering di bawah sinar matahari, gunakan selang jet untuk mencucinya dengan air bersih. Jauhkan kipas angin di luar rumah di bawah sinar matahari terbuka sampai kipas benar-benar kering.

5. Gunakan Pasir atau Garam

Mungkin kamu belum familiar mendengarnya, tapi garam atau pasir bisa digunakan untuk membersihkan kipas.

Cara yang satu ini juga sangat cocok untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada baling-baling kipas berbentuk kotak, kipas jendela, atau kipas alas.

Untuk melakukannya, langkah pertama ambil selembar kertas. Kemudian letakkan kipas (kipas kotak, jendela atau alas) di atasnya.

Kamu dapat mengarahkan baling-baling ke bawah atau ke atas. Setelah itu, tuangkan pasir bersih dan kering atau garam melalui panggangan. Pasir atau garam kemudian akan melewati bilah kipas membersihkan debu dan akan jatuh ke kertas. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya