film kartun edukasi

RADARDEPOK.COM – Ada banyak film kartun atau animasi di televisi (TV) Indonesia. Namun, tidak semua film kartun yang dapat mendidik anak Indonesia.

Oleh karena itu, orangtua harus bisa memilah film kartun terbaik buat anak, khususnya di masa pandemi virus Korona (Covid-19) saat ini.

Sebab, anak saat ini banyak beraktivitas di dalam rumah dibanding ke luar rumah. Lalu film kartun apa saja yang menjadi rekomendasi untuk ditonton oleh anak?

Berikut 5 daftar film kartun mendidik buat anak yang tayang di TV Indonesia :

1. Film Kartun Upin dan Ipin

Film anak-anak yang diproduksi Les Copaque Malaysia ini telah tayang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Film kartun ini mengisahkan anak kembar Upin dan Ipin beserta kawan-kawan di suatu desa yang bernama Kampung Durian Runtuh. Hingga kini, Upin dan Ipin menjadi salah satu serial paling diminati anak-anak di Indonesia.

Kartun Upin-Ipin banyak mengandung edukasi, baik tentang persahabatan, adab terhadap orang tua, toleransi, maupun agama dan budaya.

2. Film Kartun Adit Sopo Jarwo

Film kartun anak bangsa ini mengisahkan tentang kehidupan masyarakat di Indonesia pada umumnya. Anak-anak diajak untuk mengenal budaya Indonesia.

Ada banyak pengajaran buat anak, mulai dari arti persahabatan, tolong menolong, pentingnya menjaga Amanah dan berbuat baik.

3. Film Kartun Nussa

Film kartun karya anak bangsa ini juga mendapat respons yang baik sejak rilis di akun YouTube Nussa Official. Nussa berpusat pada kisah kaka beradik Nussa dan Rara yang sangat inspiratif.

Pesan dalam kartun ini juga bisa mengedukasi anak-anak muslim untuk rajin beribadah. Selain itu, terdapat lagu-lagu Islami yang dikemas dengan baik sehingga mudah dihafal oleh anak-anak.

4. Film Kartun Pada Zaman Dahulu

Film kartun Pada Zaman Dahulu juga menarik untuk disaksikan anak-anak. Jalan ceritanya berkisah tentang dongeng-dongeng tempo dulu.

Kisah-kisah yang disajikan mengajarkan anak untuk tidak bersikap sombong, bersikap rendah hati, dan selalu berkata jujur. Terlebih dibalut dengan penokohan binatang yang menggemaskan.

5. Film Kartun Tayo: the Little Bus

Petualangan bus lucu bernama Tayo dan kawan-kawan juga menjadi tontonan yang baik untuk anak. Melalui kartun Tayo: the Little Bus, anak-anak dikenalkan pada jenis-jenis kendaraan dan aturan lalu lintas.

Kisah dalam film kartun ini juga mengajarkan anak untuk saling membantu sesama teman. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya