lanjutan pppk
FOKUS: Pelaksanaan seleksi kompetensi PPPK Guru di SMKN 2 Depok. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebanyak 63 peserta ujian seleksi kompetensi tahap pertama Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru, masih mendapat kesempatan kedua.

Mereka akan ikut ujian pada tahap kedua. Sebab saat ujian tahap pertama, berhalangan hadir. Total pada ujian tahap pertama, ada 1.546 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Wijayanto mengatakan, pada Seleksi Kompetensi tahap pertama yang diselenggarakan di SMAN 2 Depok, SMAN 4 Depok, dan SMKN 2 Depok pada 12-16 September 2021 berlangsung lancar. Peserta dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/K, sampai Sekolah Luar Biasa (SLB).

“Pada tahap pertama ini, diikuti oleh guru honorer sekolah negeri. Alhamdulillah antusiasime peserta cukup tinggi yaitu 95,1 persen atau 1.483 orang guru,” ujarnya kepada Radar Depok, Senin (27/9).

Sementara itu, Tim Lapangan Seleksi PPPK Guru Kota Depok, Ai Yulianingsih menjelaskan, terdapat 63 orang yang tidak mengikuti seleksi kompetensi pada tahap pertama itu. Meskipun begitu, puluhan orang tersebut masih bisa mengikuti ujian di tahap berikutnya.

“Jadi, Seleksi Kompetensi PPPK Guru ini ada tiga tahap. Tahap pertama untuk guru honorer di sekolah negeri, tahap kedua guru honorer swasta, dan terakhir tahap ketiga,” ucapnya.

Berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7063/B-KS.04.01/SD/K/2021 perihal penyesuaian kembali tahapan pelaksanaan seleksi PPPK Guru 2021. Untuk siapa saja peserta yang lolos Seleksi Kompetensi Tahap I, sudah diumumkan sejak 24 September melalui akun masing-masing di https://gurupppk.kemendikbud.go.id.

Bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus pada tanggal itu, bisa mengajukan sanggahan selama jangka waktu tiga hari, yakni 24-27 September 2021. Kemudian, panitia seleksi (pansel) akan memberikan jawaban atas sanggahan mulai 27 September sampai 5 Oktober mendatang.

“Untuk pengumuman hasil sanggah tahap pertama, diumumkan 5 Oktober 2021. Berapa saja yang lolos dan mengajukan masa sanggah, kami tidak memiliki akses informasi karena langsung antara akun peserta dengan sistem,” tuturnya.

Kemudian, peserta yang belum beruntung di tahap pertama, bisa mengikuti kembali seleksi pada tahap berikutnya. Diketahui, pengumumaan daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi PPPK Guru Tahap II dijadwalkan pada 22 Oktober, dan pelaksabaannya di 26-30 Oktober 2021.

“Kalau di masa sanggah tetap dinyatakan gagal, bisa ikut di ujian tahap berikutnya sampai dengan tahap ketiga nanti pada 2-6 Desember 2021,” tutupnya. (rd/daf)

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Junior Williandro