JKN-KIS
AMAN : Ade Maryadi (25), seorang karyawan swasta. ist

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun 2020 lalu, telah mempengaruhi berbagai aktivitas sehari-hari. Tak hanya sampai disitu, penyebaran virus Covid-19 yang begitu masif juga telah membuat kondisi kesehatan rentan mengalami perubahan.

Orang yang dalam kondisi sehat dan bugar, dalam sekejap bisa langsung jatuh sakit. Untuk itu, memiliki jaminan perlindungan kesehatan di masa sekarang ini merupakan kebutuhan yang sangat penting. Seperti yang dirasakan oleh Ade Maryadi (25), seorang karyawan swasta.

Ade mengungkapkan bahwa menjalani kehidupan pada masa saat ini memang sangat sulit. Apalagi dirinya yang bekerja pada sebuah perusahaan yang bergerak dalam memberikan pelayanan kepada publik. Ditambah ia merupakan seorang satpam yang menjadi garda terdepan dan sering bertemu dengan masyarakat, membuat ia rentan untuk jatuh sakit. Untuk itu ia melindungi diri dalam Program JKN-KIS dengan harapan permasalahan kesehatannya dapat tertangani dengan baik.

Bekerja dimasa pandemi saat ini tentu menimbulkan kekhawatiran. Tapi saya sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Jadi saya merasa lebih aman. Saya bisa fokus dalam bekerja dan memberikan yang terbaik bagi perusahaan, serta pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan saya yang datang ke kantor. Sejauh ini saya memang belum pernah menggunakan Kartu JKN-KIS saya untuk berobat karena kondisi saya masih sehat. Tapi tidak menutup kemungkinan, saya tiba-tiba jatuh sakit dan membutuhkan pengobatan,” ujar Ade, Kamis (29/07).

Ade mengatakan bahwa meskipun ia belum pernah menggunakan Kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat, namun ia sangat paham dengan manfaat Program JKN-KIS. Hal itu disebabkan ia sudah sering menyaksikan kerabat dan tetangganya yang tertolong dalam melakukan pengobatan dengan bantuan Program JKN-KIS. Sehingga ia tidak ragu sama sekali menggantungkan kondisi kesehatannya dalam naungan Program JKN-KIS. Bahkan ia merasa Program JKN-KIS merupakan pilihan yang paling tepat untuk melindungi diri.

Program JKN-KIS ini manfaatnya sangat besar dan iurannya masih dapat dijangkau. Jadi semua orang dapat menjadi peserta program tersebut. Bagi saya, walaupun belum pernah menggunakannya untuk berobat, namun saya tidak merasa rugi sama sekali. Karena ini merupakan bentuk investasi saya. Bila tidak digunakan juga sebenarnya justru lebih baik karena hal itu berarti saya dalam kondisi yang sehat terus,” tutup Ade. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro