aglonema tidak bertunas

RADARDEPOK.COM – Banyak pekebun yang menginginkan aglonema miliknya bertunas, agar mereka bisa memperbanyak jumlah aglonemanya.

Namun, untuk mencapai hal tersebut, banyak pekebun yang kesulitan untuk bisa membuat aglonema miliknya bisa bertunas.

Terkait aglonema yang tidak mau bertunas, ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebabnya.

Aglonema tidak mau bertunas adalah karena aglonema itu sendiri tidak siap untuk bertunas. Dan, ada beragam hal yang membuat aglonema menjadi tidak siap bertunas, berikut di antaranya :

1. Aglonema sedang sakit

Aglonema yang tidak siap bertunas bisa dikarenakan sedang sakit. Hal ini bisa dilihat dari kecerahan daunnya. Jadi, apabila daun aglonema tidak cerah, kusam atau buram, itu menandakan bahwa mereka sedang sakit.

Daun aglonema yang busuk atau menguning juga pertanda bahwa aglonema sedang sakit, sehingga otomatis dia tidak akan bertunas karena tidak siap bertunas.

2. Semua akarnya cokelat

Ciri-ciri aglonema yang tidak siap bertunas bisa dilihat dari akarnya yang sudah berwarna cokelat semua, tidak ada akar putihnya atau sedikit akar yang putihnya.

Itu artinya aglonema tidak siap untuk bertunas, karena akar yang cokelat adalah akar yang sudah tua dan tidak produktif lagi dalam menyerap unsur hara dari media tanam.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus memberikan perangsang akar kepada aglonema tersebut.

3. Umurnya belum masuk indukan

Aglonema yang tidak siap bertunas juga bisa karena umurnya yang belum masuk untuk menjadi indukan atau memang dia masih kecil.

Untuk aglonema lokal, usia 6 bulan mereka bisa bertunas. Tapi, untuk aglonema impor, dia lebih lama untuk bertunas, karena harus jadi indukan atau sudah besar terlebih dahulu, baru bisa bertunas.

4. Aglonema kerdil

Ciri-ciri aglonema tidak siap bertunas selanjutnya adalah aglonema yang kerdil atau mengalami hambatan pertumbuhan.

Ketika aglonema menjadi kerdil, maka dia tidak bisa atau tidak siap untuk bertunas. Solusinya adalah kamu perlu mengatasi masalah kerdilnya. Sehatkan dan suburkan terlebih dahulu aglonema yang kerdil, agar kamu bisa membuatnya bertunas.

5. Aglonema tidak memiliki bonggol atau batang

Ciri-ciri selanjutnya aglonema tidak mau bertunas atau tidak siap bertunas adalah aglonema memang tidak memiliki bonggol (batang paling bawah yang berakar) atau batang.

Hal ini sering terjadi ketika kamu membeli aglonema yang bonggolnya sudah dipotong duluan. Jadi, tanaman aglonema tidak mungkin akan bertunas kalau mereka tidak memiliki bonggol. Tanaman aglonema bisa bertunas apabila ia memiliki bonggol di atas 3 cm.

Apabila bonggolnya di bawah 3 cm, maka cukup diragukan aglonema bisa bertunas, karena mereka tidak siap untuk bertunas. Sebab, keluar mata tunasnya itu terlalu pendek jaraknya jika bonggol aglonema di bawah 3 cm.

Jika bonggol aglonema di bawah 3 cm, otomatis dia akan mengeluarkan akarnya terlebih dahulu ketimbang tunasnya. Jadi, pastikan aglonema milikmu sudah memiliki bonggol di atas 3 cm agar bisa bertunas. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya