rutan depook waspada kebakaran
PENCEGAHAN DINI : Rutan Kelas I Depok berkolaborasindengan Polda Metro Jaya, PLN, hingga Damkar guna mengantisipasi gangguan keamanan sampai musibah di Rutan Kelas I Depok, Rabu (15/9). ARNET/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rutan Kelas I Depok terus meningkatkan keamanan seluruh aspek, mulai dari kelistrikan, APAR sampai melakukan perawatan senjata api, untuk mengantisipasi serta pencegahan dini, Rabu (15/09).

Kepala Penagamanan Rutan (KPR) Rutan Kelas I Depok, Nu’man Fauzi menerangkan, pihaknya menggandeng Dinas Damkar Depok, PLN UP3 Depok, hingga Direktorat Polda Metro Jaya untuk meningkatkan seluruh aspek yang ada di lingkungan rutan. Hal ini memang menjadi Dirjenpas saat melangsungkan arahan beberapa waktu lalu.

“Peringatan dini tentang antisipasi berbagai macam gangguan menjadi arahan yang sering tersampaikan,” terangnya.

Ia menuturkan, pertama pihaknya menggandeng Polda Metro Jaya untuk mengecek dan melalukan perawatan gudang senjata yang ada di Rutan Kelas I Depok, seperti pengecekan fisik, dokumen dan tempat penyimpanan.

Fauzi menambahkan jika perawatan tersebut tidak akan hanya berjalan sekali, tapi akan dilakukan secara rutin dengan bersinergi dengan tim Direktorat Intelkam Polda Metro Jaya, agar aset yang dimiliki Rutan dapat terjaga dengan baik.

“Perawatan dan pemeliharaan itu menjadi faktor yang begitu vital, jadi kami serius lakukan ini,” katanya kepada Radar Depok.

Tak berhenti sampai disana, Rutan juga mendatangkan petugas Damkar Depok guna melakukan antisipasi kebakaran dengan mengecek kesiapsiagaan APAR yang ada di lingkungan tersebut. Tentu tak ingin mengulang kejadian memilukan : kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang, yang merengkut nyawa 48 warga binaan.

Pihaknya melakukan ini sebagai upaya koordinasi terkait penanggulangan pencegahan adanya kebakaran maupun konsleting listrik di Rutan. Sehingga mengahasilkan penyuluhan terjadwal tentang antisipasi dan pencegahan

“Kerjasama ini sangat positif, agar kami lebih mengetahui bagaimana mengecek dan merawat kelistrikan maupun alat pemadam kebakaran,” lanjut Fauzi.

Menurut Fauzi, APAR akan sangat penting keberadaannya di suatu tempat, terlebih pada suatu kantor maupun instansi, mengingat musibah bisa terjadi kapan saja, sehingga antisipasi sejak dini patut dilakukan. “Saya harap koordinasi kerjasama ini bisa meningkatkan keamanan dan menjaga kondusifitas,” tutup Fauzi. (rd/arn)

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Junior Williandro