rutilahu pasir putih
RENOVASI : Sebuah rumah di Kecamatan Sawangan, sedang direnovasi berkat program Rutilahu Jawa Barat. ist

RADARDEPOK.COM, PASIR PUTIH – Ketimpangan sosial di Keluarahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, terus dibenahi stakeholder disana. Sa;ah satu upaya yang dilakukan, dengan mengajukan usulan program perbaikan rumah tidak layak huni (Rutilahu) ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Badan Keswadayaan Masayrakat (BKM) Kelurahan Pasir Putih.

Ketua BKM Pasir Putih, Uci Sanusi mengatakan, pihaknya sedang mengusulkan perbaikan puluhan unit rumah warga yang sudah rusak melalui program Rutilahu Pemprov Jabar tahun anggaran 2022.

Kami mengusulkan perbaikan rumah di tahun 2022 ke Pemprov Jabar, jumlahnya 40 unit rumah,” kata Uci Sanusi, Rabu (8/9).

Dia berharap, perbaikan rumah tersebut bisa direalisasi agar kerusakannya tidak terlalu parah. Sebab, lanjut dia, di Kelurahan Pasir Putih masih banyak rumah warga yang rumahnya belum diperbaiki, karena keterbatasan biaya.

Sebenarnya saat ini ada 200 unit rumah tidak layak huni yang belum tersentuh bantuan pemerintah. Akan tetapi kami akan mengusahakan semua bisa direhab secara bertahap,” bebernya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, rumah kategori untuk segera diperbaiki di Kelurahan Pasir Putih ada sekitar 200 unit, jika pada 2022 tidak segera diperbaiki kerusakannya akan semakin parah. “Untuk tahun 2020 sudah ada 30 Rutilahu yang diperbaiki Pemprov Jabar,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro