satelit iphone 13

RADARDEPOK.COM – iPhone 13 dikabarkan tidak lagi ketergantungan pada 4G atau 5G, karena akan memiliki konektivitas komunikasi satelit orbit rendah (LEO) yang memungkinkan pengguna melakukan telepon dan mengirim pesan dimana saja.

Bocoran kecanggihan baru iPhone 13 ini berasal dari analis TF International Securities Ming-Chi Kuo dalam catatannya kepada para investor. Ming-Chi Kuo dikenal sebagai analis yang akurat dalam memberikan informasi mengenai Apple dan produk-produknya.

iPhone 13 dilaporkan memiliki chip baseband Qualcomm X60 modifikasi yang mendukung komunikasi satelit. Pembuat ponsel lain tampaknya akan mengadopsi chip baseband X65 untuk mengimplementasikan fungsi komunikasi satelit, seperti dikutip dari MacRumors.

Apple dikabarkan akan menggunakan layanan komunikasi satelit milik Globalstar. Qualcomm disebut telah bekerja sama dengan Globalstar untuk mendukung n53 band di chip baseband x65 masa depan.

Ming-Chi Kuo mengungkapkan “skenario paling sederhana” untuk menyediakan konektivitas LEO kepada pengguna adalah jika masing-masing operator jaringan bekerja dengan Globalstar. Ini berarti bahwa pelanggan dari operator seluler dapat menggunakan layanan komunikasi satelit Global di iPhone 13 secara langsung melalui jaringan mereka tanpa memerlukan kontak atau pembayaran tambahan.

Ming-Chi Kuo menambahkan komunikasi satelit LEO adalah teknologi yang sebanding dengan mmWave 5G sehingga Apple dapat memanfaatkan kedua teknologi tersebut.

Menurut laporan Bloomberg, Apple sedang mencari cara baru untuk mengirimkan data seperti konektivitas internet langsung ke iPhone dan perangkat lain. Tim ini dibentuk pada 2019.

CEO Apple Tim Cook dilaporkan menjadikan proyek tersebut sebagai prioritas perusahaan dengan tujuan utama untuk mengirimkan data langsung ke iPhone pengguna tanpa tergantung pada operator nirkabel dan jangkauan jaringan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya